Dinkes Kota Kendari Ajak Semua Pihak Dorong Percepatan Vaksinasi Terutama Bagi Lansia

MUS • Wednesday, 22 Sep 2021 - 16:10 WIB

Kendari - Pemerintah mengajak kelompok masyarakat lansia yang belum divaksin untuk segera lakukan vaksinasi sebagai salah satu perlindungan utama terhadap COVID-19. Kelompok lansia saat ini menjadi salah satu termasuk kelompok dengan risiko dampak kesehatan paling tinggi apabila terpapar COVID-19.

Di Kota Kendari, cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia (Lansia) masih rendah, sehingga Dinas Kesehatan Kota Kendari terus mengajak agar lansia kita segera dilakukan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, dr. Rahminingrum menghimbau semua pihak agar mengajak orang tua yang sudah berusia lanjut agar segera dilakukan vaksinasi. Rabu (22/09/2021).

"Terkhusus untuk lansialah, coba ajak keluarga, kerabat, orang tua kita untuk membawa lansia kita, memfasilitasi, mengantar, untuk mendapatkan vaksinasi, karena beliau-beliau ini yang paling berisiko apabila terpapar," imbau Rahminingrum.

Mengenai vaksinasi COVID-19 untuk lansia tercantum dalam Surat Edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas COVID-19, dan sasaran tunda.

Lebih lanjut, Rahminingrum juga menyampaikan bahwa di Dinas kesehatan kota Kendari menyediakan posko-posko vaksinasi. Untuk di posko vaksinasi 1, melayanai vaksin jenis moderna, sementara di posko 2 dan 3 melayani vaksin jenis Sinovac, masyarakat diberikan pilihan untuk memilih salah satu jenis vaksin yang akan digunakannya. Untuk anak usia 12 tahun -17 tahun agar didampingi oleh orang tua atau walinya.

Dari pantauan MNC Trijaya di lokasi vaksinasi, masyarakat cukup antusias untuk melakukan vaksinasi, pendaftaran tidak memakan waktu lama, masyarakat kota Kendari cukup membawa KTP saja, dan mengisi formulir pendaftaran di posko vaksinasi yang sudah disiapkan, atau masyarakat bisa mendaftar secara online melalui halaman www.ayovaksindinkeskdi.id, dan waktu pelayanan vaksinasi pada pukul 08.30 -12.00 WITA.

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kota Kendari, tak hentinya Pemkot Kendari selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 3M, yang terpenting adalah memakai masker double, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan, yang terpenting lakukan pola hidup bersih dan sehat. (HenQ)