Airlangga: Pemulihan Ekonomi Berlanjut, 84 Persen UMKM Sudah Beroperasi Normal

MUS • Thursday, 23 Sep 2021 - 14:42 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan efektivitas dalam penanganan Covid-19. Tahun ini, 84,8 persen UMKM Sudah beroperasi secara normal.

"Pemulihan ekonomi terus berlanjut dan pertumbuhan di kuartal kedua tercatat sebesar 7,07%, tertinggi sejak 16 tahun terakhir," ujar Airlangga dalam Webinar Mikro Forum di Jakarta, Kamis(23/9/2021). 

Dia menyebutkan, dukungan dari konsumsi pemerintah telah mendorong perbaikan, juga konsumsi rumah tangga dan investasi serta membaiknya permintaan domestik telah direspon dengan peningkatan aktivitas di berbagai sektor. 

"Selain itu, dari sisi eksternal terdapat peningkatan investasi dan surplus neraca perdagangan sepanjang kuartal II 2021, pulihnya permintaan dan meningkatnya harga komoditas global telah membuat neraca perdagangan mengalami surplus selama beberapa bulan berturut-turut," ungkap Airlangga. 

Tentunya, sambung dia, ini menjadi kesempatan yang baik untuk mendorong globalisasi ekonomi. 

"Pada masa pandemi ini, UMKM tidak luput dari dampak negatif meskipun terdapat pula beberapa sektor yang mengalami dampak positif seperti akselerasi pemanfaatan teknologi digital, serta meningkatnya keterlibatan UMKM dalam pasar digital," tambahnya.

Dibandingkan dengan tahun 2020, lanjut Airlangga, sebanyak 84,8% UMKM tahun ini sudah dapat beroperasi secara normal. Di masa pandemi, sebanyak 40% UMKM menggunakan berbagai jaringan marketplace untuk memasarkan produknya