Kemendikbudristek Luncurkan Gernas BBI Aroma Maluku

AKM • Friday, 24 Sep 2021 - 18:23 WIB

Jakarta - Dalam meningkatkan kualitas buatan produk dalam negri, pemerintah terus memperkuat perbaikan SDM. Langkah yang diambil seperti meenghubungkan dunia pendidikan dengan dunia usaha.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Aroma Maluku. Gernas BBI Aroma Maluku menjadi langkah awal pembentukan kemampuan digital marketing bagi pelajar vokasi.

"Salah satu program utama dari Gernas BBI adalah pelatihan digital marketing  Kepada pelajar vokasi dengan pemateri dari Kemenkominfo, asosiasi e-commarcedan pegiat UMKM," ujar Mendikbudristek, Nadiem Makarim dalam Peluncuran Awal Bangga Buatan Indonesia, Jumat 25 September 2021.

Pelatihan difokuskan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan keahlian dalam menunjang proses onboarding UMKM pendidikan vokasi. Menurutnya, dengan diadakannya Gernas BBI Aroma Maluku, maka UMKM di Maluku mendapat kesempatan awal untuk lebih dulu mengembangkan dan memasarkan kekayaan alamnya.

Mempromosikan narasi rempah dan kekayaan alam Maluku melalui digital marketing sehingga potensi skala lokal dapat maju ke panggung global," terang dia.

Lebih lanjut, Gernas BBI Aroma Maluku akan menjadi langkah strategi untuk memulihkan ekonomi Indonesia akibat pandemi covid-19. Nadiem mengatakan pendidikan dan ekonomi memainkan peran strategis dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Menurut Nadiem, untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan sektor pendidikan dan kebudayaan maka diperlukan sinergi dalam sektor ekonomi.  Pembangunan harus memenuhi kebutuhan hidup manusia masa sekarang dengan mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan di masa depan.

"Kita perlu hilangkan sekat-sekat di antara keduanya, sehingga inovasi yang lahir dari lingkungan pendidikan dan kebudayaan dapat memberikan dampak yang lebih besar pada pembangunan bangsa,"  tandas Nadiem.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kemendikbudristek,  Wikan Sakarinto, menyampaikan pada  tahun 2021 ini, Kemendikbudristek kembali mendapatkan daulat untuk menjadi manajer kampanye atau campaign manager Gernas BBI yang diselenggarakan puncaknya nanti pada November 2021.

“Acara puncak sudah ditetapkan dan akan dilaksanakan pada November 2021 di Provinsi Maluku dengan mengusung tema Aroma Mauku,” kata Wikan Sakarinto

Wikan menjelaskan, Gernas BBI Aroma Maluku ini merupakan kelanjutan dari berbagai acara-acara yang digilir kepada Kementerian, seperti pelangi selama bulan yang lalu, kemudian karya kreatif Jawa Barat, lokal keren Jatim, dan sebagainya,  dan  Kemendikbudristek  mengusung tema Aroma Maluku.

Melalui Direktorat Jenderal Vokasi dan bersama-sama dengan Ditjen  Kebudayaan, (Dirjen Kebudaayaan, Hilmar Farid), Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, (Ptl. Dirjen Diktiristek, Nizam)   dan seluruh eselon 1, Eselon II di Kemendikbud, dan juga seluruh satuan Pendidikan, kita benar-benar akan melaksanakan amanat ini dengan sebaik-baiknya, terutama berkolaborasi dengan pemerintah daerah Maluku, serta didampingi oleh beberapa mitra-mitra strategi yaitu Garuda Indonesia, BI, RRI, TVRI, Antara,  Trans group, dan berbagai stakeholder dan mitra mitra  yang membantu kita semua.

“Dukungan penyelenggaraan BBI Aroma Maluku  juga diberikan oleh Kementerian Kominfo dan Bank Indonesia,” paparnya.