Lintasarta Donasikan Alat Kesehatan Medis ke RS di Jawa Barat dan Jawa Tengah

ANP • Saturday, 25 Sep 2021 - 08:49 WIB

JAKARTA - Lintasarta kembali menyalurkan ribuan alat kesehatan medis untuk para tenaga medis dalam rangka membantu penanganan Covid-19. Melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Pilar Sehat Sejahtera, kali ini Lintasarta menyalurkan alat Kesehatan medis untuk beberapa Rumah Sakit (RS) di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. 
Alat kesehatan medis tersebut disalurkan ke RS Bhakti Medicare dan RS Betha Medika yang berada di Sukabumi Jawa Barat, serta RS William Booth di Semarang. Alat kesehatan medis yang disalurkan berupa Alat Pelindung Diri (ADP), sarung tangan medis, masker KN95, dan cairan disinfektan yang disalurkan selama bulan September.

“Hal ini merupakan bentuk dukungan dari Lintasarta terhadap upaya pemerintah untuk mempercepat penanggulangan covid-19 di Indonesia yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan para tenaga medis,” kata Direktur Utama Lintasarta Arya Damar. 

Lebih lanjut Arya menyebutkan, penyaluran alat kesehatan medis tersebut diharapankan dapat membantu kelancaran proses pelayanan medis kepada masyarakat dan turut membantu para tenaga medis saat penanganan pasien Covid-19 dengan maksimal. 

“Kami berharap setiap kegiatan donasi yang dilakukan Lintasarta dapat turut membantu banyak rumah sakit dan para tenaga medis di wilayah manapun. Ini yang mendasari kami melanjutkan donasi tidak hanya di wilayah Jabodetabek saja, namun juga ke wilayah lain di Indonesia lainnya,” kata Arya. 

Berlangsungnya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hingga saat ini meningkatkan kebutuhan akan alat kesehatan medis terutama bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Oleh karena itu Lintasarta berupaya membantu memenuhi permintaan dari sejumlah rumah sakit akan kebutuhan alat kesehatan medis dalam menangani pasien Covid-19, mengingat dalam penanganan para pasien para tenaga medis diharuskan menggunakan APD lengkap.

“Penggunaan APD lengkap sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penularan virus, maka sebagai salah satu garda terdepan para tenaga medis perlu menjadi perhatian khusus dibekali alat kesehatan medis yang lengkap. Sejak pandemi berlangsung kami sudah melakukan berbagai aksi nyata bahu-membahu bersama pemerintah Indonesia dan mitra lainnya mengatasi kelangkaan atau hambatan dalam penyaluran alat kesehatan medis demi Indonesia dapat segera bangkit dari kondisi ini,” ujarnya.

Pihak Rumah Sakit Bhakti Medicare dan Rumah Sakit Betha Medika Sukabumi, menyambut baik dan menerima donasi yang diberikan oleh Lintasarta dengan tangan terbuka. “Donasi ini tentu sangat bermanfaat, kami juga sangat mengapresiasi kepedulian Lintasarta dalam membantu penanganan Covid-19, semoga Lintasarta semakin berjaya, semakin maju dan berkembang sehingga kegiatan CSR Lintasarta dapat terus berkesinambungan,” kata Direktur RS Betha Medika Dr. Indra Santosa Purnomo, usai menerima donasi dari Lintasarta.

Sementara itu pihak RS Bhakti Medicare menilai donasi alat kesehatan yang disalurkan oleh Lintasarta sangat membantu para tenaga medis melihat kondisi Covid-19 yang tidak stabil dan cenderung masih tinggi. “Mudah-mudahan bantuan APD dari Lintasarta dapat berlanjut terus karena kita sebagai nakes sangat membutuhkan dan berterima kasih karena telah me-support kebutuhan kami, dan APD ini menjadi bermanfaat untuk kami sebagai nakes,” ujar Manager operasional RS Bhakti Medicare Dr. Rian.

Hal serupa juga disampaikan oleh Drg. Erwita Dinarsari, MARS, Direktur RS William Booth Semarang. “Donasi berupa APD, Masker, sarung tangan medis dan cairan disinfektan yang kami terima dari Lintasarta tentunya bermanfaat bagi pelayanan dan operasional kami,” katanya.

Sebelumnya, Lintasarta telah menyalurkan donasi ribuan alat kesehatan medis dalam bentuk APD, sarung tangan medis dan masker melalui Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat yang selanjutnya akan di distribusikan ke beberapa lokasi isolasi gratis yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Selain itu, Lintasarta juga telah menyalurkan langsung donasi serupa ke Rumah Susun (Rusun) Isolasi Nagrak yang terletak di daerah Cilincing, Jakarta Utara. (ANP)