FOI dan Centratama Group Kolaborasi, Dukung UMKM dan Masyarakat Terdampak Covid-19

ANP • Saturday, 25 Sep 2021 - 10:15 WIB
Serah terima donasi 10.800 paket makanan siap santap dan 1.200 paket sembako dalam rangka HUT ke 8 Centratama Group yang diwakili oleh Director of Sales Yuana Susatyo, kepada Founder Foodbank of Indonesia, M Hendro Utomo Foodbank of Indonesia, (16/09)

Jakarta - Foodbank of Indonesia (FOI) dan Centratama Grup (CENT) mendorong ekonomi masyarakat dalam kegiatan pendistribusian bantuan pangan bagi masyarakat terdampak pandemi dari tanggal 16 September hingga 8 Oktober 2021. Sebanyak 1200 paket sembako dan 10.800 paket makanan siap santap akan diberikan bagi keluarga prasejahtera, anak-anak, lansia dan pekerja informal di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Bogor. Bantuan paket sembako didapatkan langsung dari petani dan UMKM lokal yang berharap dapat membantu keberlanjutannya di tengah kondisi sulit saat ini. Selain itu, paket makanan siap santap akan disediakan oleh Dapur Pangan FOI (DPF) dan Gerai Pangan FOI yang selama ini biasa memasak dan membagikan makanan kepada masyarakat sekitar. Gerakan ini dilakukan karena dampak pandemi COVID-19 yang masih dirasakan khususnya bagi akses masyarakat akan pangan.

Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak tahun lalu masih terus berlanjut hingga kini dan membawa dampak besar salah satunya berdasarkan data dari BPS tahun 2021 yang menyebutkan bahwa kemiskinan di Indonesia meningkat hingga 2,7 juta jiwa. Hal tersebut sangat dirasakan khususnya bagi masyarakat dari keluarga prasejahtera yang pendapatannya berkurang hingga harus kehilangan mata pencahariannya. Kebutuhan dasar mereka semakin sulit untuk dijangkau salah satunya adalah kebutuhan terhadap pangan.

Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi khususnya warga prasejahtera, Foodbank of Indonesia berkolaborasi bersama PT Centratama Telekomunikasi Indonesia, Tbk, beserta anak-anak perusahaannya (CENT) memberikan bantuan berupa paket sembako dan paket makanan siap santap. Kegiatan ini dimaksud untuk menunjukkan kepedulian terhadap melemahnya perekonomian masyarakat akibat pandemi dengan merangkul petani dan UMKM lokal dalam penyediaan bantuan pangan tersebut. Gerakan ini pun melibatkan Dapur Pangan FOI (DPF) atau dapur pangan berbasis masyarakat yang dikelola FOI bersama relawan serta Gerai Pangan FOI yang merupakan UMKM kuliner yang berkolaborasi bersama dalam penyediaan bantuan makanan.

Penyaluran donasi secara simbolis dilakukan pada tanggal Kamis, 16 September 2021 di Manggarai dengan penyerahan paket sembako secara langsung oleh perwakilan pihak CENT kepada Foodbank of Indonesia. Kegiatan ini pun dihadiri oleh jajaran manajemen CENT, Founder Foodbank of Indonesia, M. Hendro Utomo, staff FOI dan para relawan. Setelah itu, paket makanan siap santap langsung didistribusikan dengan menggunakan Mobil Pangan Umat (MPU) kepada pekerja informal di wilayah sekitar dibantu dengan pihak CENT bersama relawan.

Sriutami Satria, koordinator relawan wilayah Manggarai sangat senang dan berterima kasih terhadap bantuan yang diberikan bagi para penerima manfaat di wilayah Manggarai.

“Ditengah kondisi pandemi seperti ini banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan khususnya makanan apalagi anak-anak dan lansia sekitar yang rutin diberikan makanan oleh DPF karena kebanyakan dari mereka telah kehilangan mata pencaharian. Adanya donasi makanan dari para donatur FOI seperti CENT sangatlah membantu meringankan beban mereka dan semoga semakin banyak pihak yang tergerak” tutur Sri.

Yan Raymond, Direktur Utama PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk, mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial CENT Group khususnya untuk meringankan sebagian beban masyarakat yang terdampak pandemi sekaligus dalam memeringati Hari Ulang Tahun CENT Group yang ke-8.

“Kami satu Hati untuk peduli dan memberikan dukungan untuk komunitas dalam menghadapi tantangan selama pandemi Covid-19. Saat ini Indonesia dan masyarakat pada umumnya sedang menghadapi kondisi yang sulit, dengan demikian penting bagi kami untuk dapat selalu berbagi dan mewujudkan kepedulian kami kepada masyarakat dengan aksi nyata. Melalui kegiatan ini diharapkan kami dapat membantu sebagian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan makanannya serta dapat membantu para UMKM dan para petani bersama- sama melalui kondisi ini” ujar Yan Raymond

Sementara itu, Founder Foodbank of Indonesia, M Hendro Utomo mengapresiasi kontribusi dari berbagai pihak dan relawan akar rumput dalam setiap pergerakan Foodbank of Indonesia (FOI) khususnya di masa pandemi ini karena besarnya antusias dari para penerima manfaat.

“Kami menyambut baik inisiatif CENT Group dalam memberikan donasi untuk ketahanan pangan ini yang juga sekaligus memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan makanan bagi kelompok masyarakat rentan. FOI telah berpengalaman dalam memfasilitasi penyaluran donasi berupa paket makanan siap santap yang bergizi kepada kelompok masyarakat tersebut. Dengan sejalannya komitmen di antara FOI dan Cemtratama, melalui kegiatan ini pun kami berharap dapat meringankan beban para penggiat UMKM setempat dan mendukung kesejahteraan petani agar terus semangat berjuang di kondisi ini," ungkap Hendro. (ANP)