Bencoolen Coffee Siap Memberikan Pelatihan kepada Peserta Kartu Prakerja Gelombang 21

FAZ • Saturday, 25 Sep 2021 - 14:41 WIB

Jakarta - Program Kartu Prakerja pemerintah yang memberi insentif pelatihan bagi pencari kerja akan berakhir pada gelombang 21 dan akan menerima 754.929 peserta.

Bencoolen Coffee, selaku penyedia pelatihan barista dan wirausaha kopi, siap memberikan pelatihan untuk peserta Kartu Prakerja Gelombang 21.

Bencoolen Coffee adalah perusahaan produk kopi kekinian yang produknya 100 persen dari kopi Bengkul dan telah telah memenangkan penghargaan AVPA di Prancis. Bersama Warkop Digital, Bencoolen Coffee berkomitmen untuk menciptakan UMKM digital sesuai dengan target pemerintah 30 juta UMKM Go Digital 2030.

Pada awal tahun 2021 pemerintah sudah menyiapkan program yang akan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, salah satunya adalah usaha mikro dan UMKM yang menyerap 97% angkatan kerja. Dan baru-baru ini Presiden Joko Widodo mengungkapkan tiga strategi besar nasional untuk pemulihan ekonomi, salah satunya adalah digitalisasi UMKM.

Warkop Digital bersama Bencoolen Coffee berkomitmen menciptakan wirausahawan muda untuk mengejar target digitalisasi UMKM dalam bidang kopi.

“Yang membedakan pelatihan kami dengan pelatihan lain adalah kami memikirkan setelah ikut pelatihan Program Kartu Prakerja, para peserta mau usaha apa. Mereka betul-betul menerapkan materi pelatihan yang didapat dari Program Kartu Prakerja dalam kehidupan nyata,” ujar CEO Bencoolen Coffee, Lucky Widja.

Bencoolen Coffee membuktikan untuk membuka bisnis kopi tidak mesti keluar banyak, sebab Bencoolen Coffee menawarkan paket bisnis kedai kopi dengan harga yang terjangkau. Bukan sekadar paket bisnis, Bencoolen Coffee juga menawarkan pelatihan wirausaha kopi hingga bagaimana menjadi pebisnis kopi digital.

Lewat pelatihan digital, peserta Program Kartu Prakerja dari Sabang sampai Merauke berkesempatan sama untuk mempelajari bisnis kopi dan berlatih menjadi barista.

Bencoolen Coffee memasok kopi ke Warkop Digital di tiap desa dan membangun agen-agen digital dengan warung kopi sebagai tempat kumpul. Warkop Digital yang dilengkapi Wi-Fi itu bisa menjadi venue meeting, belajar daring, nonton bareng (nobar), atau sekadar nongkrong dan menikmati kopi Bengkulu.

"Warkop Digital ini bisa menjadi jawaban di tengah pandemi," ujar inisiator Warkop Digital, Dedi Yudianto.

Setelah mengikuti pelatihan, Bencoolen Coffee merangkul para peserta di dalam komunitas daring, baik grup Whatsapp maupun Telegram. Beragam aktivitas bisa diikuti alumni Program Prakerja yang telah mengikuti pelatihan Bencoolen Coffee, mulai dari webinar gratis hingga kuis.

Bagi peserta yang lolos sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 21 atau peserta Gelombang 19 dan 20 yang masih memiliki saldo pelatihan, juga bisa mendapat pelatihan kerja di platform KARIER.MU dan PIJAR MAHIR. 

Peserta Kartu Prakerja yang memiliki sertifikat pelatihan Prakerja di tersebut juga bisa mendaftar di cybersacademy.id untuk mendapat bonus kelas.

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan Bencoolen Coffee adalah salah satu dari pelatihan yang mendapat paket finansial Program Prakerja pemerintah.

"Begitu mereka mendapat pelatihan barista dan wirausaha, mereka mendapatkan hak untuk menjual franchise Bencoolen, offline maupun online. Dan mereka akan menjadi new entrepreneur," kata Airlangga Hartarto.

Saat ini Bencoolen Coffee telah memiliki 26.000 alumni pelatihan Program Kartu Prakerja yang tersebar di seluruh Indonesia dan tergabung dalam komunitas Alumni Pelatihan Bencoolen Coffee.

Di tengah kondisi pandemi virus corona yang mencekik, wirausaha konvensional menjadi kurang diminati, apalagi pandemi mengubah perilaku ekonomi masyarakat.

Warkop Digital dan Bencoolen Coffee melihat ini dengan menawarkan kesempatan dengan wirausaha digital, terutama untuk alumni Kartu Prakerja untuk berwirausaha bisnis kopi.

Bencoolen Coffee bersama Warkop Digital siap memfasilitasi alumni peserta Program Kartu Prakerja di 8.000 lebih kelurahan serta 74 ribu lebih desa dari 34 provinsi hingga 514 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.