Golkar Siapkan Pengganti Azis Syamsuddin untuk Wakil Ketua DPR

FAZ • Monday, 27 Sep 2021 - 06:19 WIB

Jakarta - Partai Golkar telah menerima surat pengunduruan diri Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Pengunduran diri itu menyusul penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Mahkamah Partai Golkar, Adies Kadir mengatakan segera menyiapkan sosok pengganti Azis sebagai Wakil Ketua DPR. Siapa sosok itu, dia belum menjelaskan detail.

"Sehingga terkait dengan penggantinya, Partai Golkar akan memproses dalam waktu dekat," ujar Adies dalam konferensi pers di ruang Fraksi Golkar DPR, Nusantara 1, Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

KPK telah menetapkan Azis Syamsuddin sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan kasus yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

Azis diduga menyuap oknum penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP) dan rekannya yang merupakan seorang Pengacara, Maskur Husain Rp3,1 miliar dari kesepakatan awal Rp4 miliar.

Uang suap itu diduga untuk mengurus perkara yang menjerat Azis dan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado di KPK. Azis dan Aliza diduga terjerat kasus dugaan suap terkait pengurusan Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2017.