Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Hadir Sebagai Dosen Tamu dalam PKKMB UWG Malang

ANP • Tuesday, 28 Sep 2021 - 16:38 WIB

MALANG - Dalam Rangka Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang tahun 2021 (PKKMB) menghadirkan orang No.1 Propinsi Jawa Tengah yakni Ganjar Pranowo, S.H.,MIP. sebagai nara sumber utama.

Kegiatan kuliah tamu ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang tahun 2021 sebagai prosesi penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dilakukan pada tanggal 25-26 September 2021 dan 2-3 Oktober 2021,  dengan mengusung  tema “Kuliah untuk Belajar” Menjadikan Generasi Milenial Tangguh Yang kreatif dan Inovatif.

Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, S.T., M.T. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada para mahasiswa baru, baik lingkungan akademik maupun non akademik, juga semua fasilitas yang dimiliki oleh Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang, serta SIM, SOP dan kebijakan-kebijakan kampus. Selain untuk memperkenalkan lingkungan baru bagi para maba, PKKMB Tahun 2021 juga akan mengajak para maba untuk membangkitkan kembali rasa cinta tanah air, mengubah paradigma IT sebagai teman belajar dan terus membangun kreatifitas agar sukses dimana saja dan kapan saja.

"Perlu menjadi catatan penting bahwa Maba UWG kali ini berasal dari 17 provinsi di Indonesia, tersebar pada semua pulau-pulau besar di tanah air dan berasal dari 329 SMA/SMK/MA di seluruh Nusantara.

Karena  kondisi yang belum kondusif terkait dengan pandemi Covid-19, maka kuliah tamu hari ini dalam rangka PKKMB dilaksanakan secara daring. Bertindak sebagai pendukung pada kegiatan ini adalah Ikatan Alumni Universitas Widyagama Malang (IKAWIGA) yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Universitas Widyagama Malang," tegas Rektor.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Rektor Universitas WIdyagama Malang Bpk Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST.,MT diikuti oleh semua wakil rektor dekan prodi dan semua civitas akademika yang lain di lingkungan Universitas Widyagama Malang. Harapan dari kegiatan ini para mahasiswa baru dapat termotivasi semangat belajarnya dan mampu menjadi mahasiswa/I yang unggul, kreatif dan inovatif. 

Harapan yang sama juga datang dari Ketua IKAWIGA Mohammad Supriyadi bahwa pengurus IKAWIGA juga bertanggung jawab atas semua mahasiswa baru yang telah bergabung  dengan UWG dalam meraih mimpi dan cita citanya.

"Kuliah tamu ini nanti jelas akan membawa nuansa tersendiri bagi mahasiswa baru dan lama karena hadirnya seorang birokrat dan politikus tersohor tanah air dalam mewarnai  jalannya pemerintahan Republik Indonesia. Tidak berhenti sampai disitu saja kesempatan ini akan menjadi motivasi tersendiri  dan membangkitkan energi baru  bagi generasi penerus untuk ikut serta mengawal bagi kemajuan bangsa dan negarannya," katanya.

Ia menjelaskan, Ikatan Alumni Universitas Widyagama Malang (IKAWIGA) mempunyai beberapa program yang bersifat akademik maupun bersifat non akademik.
"Termasuk pada har ini, IKAWIGA merasa terpanggil untuk ikut memerihkan acara PKKMB walaupun masih suasana covid, diantaranya memberi dukungan penuh atas terlaksananya acara PKKMB ini.
Program non akademik semisal dalam waktu dekat, IKAWIGA punya rencana akan menyelenggarakan kompetisi esport untuk tingkat SMA, ini sebagai bentuk sosialisasi kampus kepada sekolah pada tingkat SMA. Demikian juga kemarin, IKAWIGA telah melaksanakan vaksinasi untuk keluarga besar UWG dan masyarakat sekitar," kata Supriyadi yang juga Ketua Japnas Jawa Timur tersebut.

Menurutnya, Program non akademik lainya, IKAWIGA ikut bertanggung jawab untuk penyaluran alumni UWG untuk bisa diterima bekerja di instansi pemerintah maupun di perusahaan swasta dengan cara akan meningkatkan kemampuan-kemampuan alumni pada bidang masing-masing. Sementara yang sifatnya akademik, IKAWIGA akan memberi beasiswa untuk mahasiswa UWG, sebagaimana pada tahun lalu, IKAWIGA bersama Japnas Jawa Timur memberikan beasiswa sebanyak 25 mahasiswa penuh setahun, tahun ini sebanyak 10 mahasiswa, karena IKAWIGA tahun ini lagi membiayai pembangunan kantor IKAWIGA.

"Selain  itu IKAWIGA Ikut bertanggung jawab atas sosialisasi kampus UWG, seperti dengan  mempublikasikan acara-acara besar kampus termasuk PKKMB hari ini," tegasnya. (ANP)