Ali Baal: Pertumbuhan Ekonomi Sulbar Mulai Alami Kemajuan Pasca Gempa dan Efek Pandemi

MUS • Thursday, 30 Sep 2021 - 17:37 WIB

Mamuju - Gubernur Sulbar, Ali Baal  Masdar bersama Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sulbar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-17 tahun Provinsi Sulbar, Rabu,  22 September 2021. Bertempat di Kantor Sementara DPRD Sulbar, Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sulbar, St. Suraidah Suhardi.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengemukakan, 22 September merupakan hari jadi Provinsi Sulbar yang telah genap berusia 17 tahun. Usia tersebut dinilai tergolong muda atau provinsi berusia remaja yang masih membutuhkan dukungan penuh dari berbagai unsur. 

"Dengan usianya yang  penuh semangat dalam menyongsong cita-cita daerah, diharapkan mampu menjadi daerah yang lebih baik kedepan,"ucap Ali Baal.

Ali Baal mengatakan, dalam usia Provinsi Sulbar saat ini, banyak capaian yang telah dirasakan. "Perkembangan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi mulai mengalami kemajuan setelah pasca gempa dan efek pandemi Covid-19, yang tentunya tidak lepas dari peran semua pihak," sebut Ali Baal

Ketua DPRD Sulbar, St. Suraidah Suhardi mengatakan, secara khusus bagi masyarakat Sulbar bahwa Hari Jadi Sulbar merupakan momentum yang tidak hanya sebagai agenda rutin tahunan, tetapi merupakan wahana refleksi terhadap nilai-nilai luhur bagi mereka yang telah mewakafkan dirinya dalam mendorong pembentukan Provinsi Sulbar.

"Seiring dengan usianya yang telah dewasa saat ini, telah menghadirkan rasa suka cita yang tentunya patut disampaikan rasa terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Pejuang Pembentukan Sulbar atas kontribusi terhadap pembentukan daerah ini," ucap Suraidah.

Staf Ahli Kemendagri, Suhajar Diantoro, menyampaikan, Indonesia merupakan negara yang bersistem demokrasi konstitusional, yaitu pertemuan antara paham rakyat dan paham kedaulatan hukum yang harus dipahami secara mendalam, yang mana dalam pembangunan di semua bidang lini harus mengedepankan rakyat yang berdaulat sebagai karakter dalam proses pembangunan.

"Ada tiga kunci penyelengaraan sukses otonomi daerah, yaitu kepemimpinan kepala daerah dan DPRD, kapasitas pemerintah daerah dan kontrol partisipasi masyarakat," ujarnya

Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut, para Bupati/Wakil Bupati se-Sulbar, Anggota DPR RI Andi Ruskati Ali Baal yang juga merupakan Ketua TP. PKK Sulbar, para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sulbar, baik hadir secara luring ataupun virtual, unsur Forkopimda, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, para penerima penghargaan dan peserta rapat paripurna lainnya yang hadir secara virtual.