Vaksinasi Gratis di Kota Cirebon, Netty Aher: Lawan Pandemi dengan Kolaborasi Total

MUS • Sunday, 3 Oct 2021 - 11:11 WIB
Ilustrasi vaksinasi

Cirebon - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta setiap elemen bangsa agar berkolaborasi total dalam melawan pandemi Covid-19. 

"Pandemi Covid-19 telah merusak tatanan sistem kesehatan, ekonomi dan  sosial budaya Indonesia. Kita baru menyadari bahwa infrastruktur dan supra struktur  kesehatan tidak siap menghadapi gelombang pandemi. Fundamental eknomi kita pun tercabik-cabik. Kolaborasi total semua elemen bangsa menjadi strategi utama dalam melawan pandemi," ujarnya dalam  sambutan pembukaan program kemitraan  Komisi IX DPR RI dan Kemenkes RI berupa vaksinasi 1000 dosis bagi pelajar serta masyarakat umum kota Cirebon, pada Sabtu, 2 Oktober 2021. 

Kegiatan yang melibatkan  kader dan konstituen DPD PKS Kota Cirebon sebagai pelaksana ini  dilakukan di  tiga titik yaitu, Sekolah Tinggi Farmasi Cirebon, SMPIT Sabilul Huda dan di Kelurahan Kasepuhan. 

Dalam kegiatan yang dilakukan beriringan dengan sosialisasi  Gerakan Masyarakat Sehat  (Germas) ini, Netty meminta pemerintah agar terus membenahi kolaborasi total dengan semua pihak sebagai bentuk komitmen bersama  dalam menurunkan laju  penyebaran Covid -19 di Indonesia. 

"Saat ini bukan lagi masanya mengandalkan pihak-pihak tertentu, apalagi membatasi kerja sama hanya  pada  kelompok yang dianggap berkoalisi dengan pemerintah. Pandemi hanya dapat diatasi jika setiap elemen bangsa berkontribusi dalam penanganan pandemi," tandas Netty. 

Program vaksinasi di Kota Cirebon juga mendapat dukungan dari Dinkes Kota Cirebon yang menurunkan tim vaksinator dari beberapa puskesmas terdekat. 

"Pemerintah mengapresiasi dukungan Anggota Komisi IX DPR RI dan pihak lain yang terlibat dalam percepatan program vaksinasi ini. Kami menyadari masih dijumpai banyak kendala di lapangan, termasuk adanya ketidaksesuaian data antara jumlah dosis yang keluar dengan data jumlah masyarakat yang telah tervaksinasi," kata Sadikin Sadek, Direktur Penilaian Alkes dan PKRT, Kemenkes RI yang hadir dalam acara pembukaan vaksinasi di STF Cirebon. 

Oleh karena itu, Netty meminta pemerintah memperbaiki sistem input data dalam program vaksinasi. 

"Vaksinasi adalah upaya membangun  kekebalan kolektif sebagai game changer pandemi. Jangan sampai persoalan teknis semisal input data menjadi kendala," katanya. 

Anggota  DPRD Kota Cirebon dari PKS, H. Karso, meminta  kader-kadernya  agar menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan serta  membantu sosialisasi dan pelaksanaan vaksinasi. "Tunjukkan bahwa PKS siap berkolaborasi  melayani  rakyat bersama elemen bangsa lain," katanya. (Jak)