Mendaki Gunung Lembu, Tajam dan Menukik! 

MUS • Sunday, 3 Oct 2021 - 21:01 WIB

Purwakarta - Gunung Lembu di Purwakarta menjadi salah satu olahraga favorit terbuka di masa pandemi. Pendakian yang dilakukan melalui batu Sodong dapat ditempuh kurang lebih 2 jam untuk sampai ke puncak, dengan ketinggian 792 Mdpl (meter di atas permukaan laut). 

Meski termasuk gunung kategori untuk pendaki pemula, namun jalur yang menanjak dengan kemiringan sekitar 70 derajat cukup menguras energi, karena jalan untuk mencapai ke puncak yang terus naik.

BACA JUGA: Mendaki Gede di Masa Pandemi

Dari pos 1 hingga pos 3, pendaki akan disuguhkan dengan hutan bambu yang disusul dengan pepohonan dan batu batu besar yang ada di jalur pendakian. Jalur yang cukup terjal dan licin mengharuskan setiap yang lewat jalur ini harus menggunakan sepatu hiking agar tidak terpeleset.

Sejumlah hewan seperti lutung, monyet dan berbagai macam serangga akan terlihat di sepanjang jalur pendakian. Namun tidak mengganggu para pendaki.

Memasuki area pendakian, para pengunjung dikenakan tarif sebesar 12 ribu rupiah. Sampai di puncak para pendaki akan melihat keindahan Bendungan Jati Luhur dari ketinggian. Pengunjung juga bisa menikmati matahari terbit dan terbenam dari puncak gunung Lembu.

Dari Jakarta, untuk ke lokasi ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam sampai pos pendakian.

Jalur yang bisa ditempuh yakni Jakarta Cikampek, dilanjutkan Cipularang keluar tol Purwakarta. Kemudian dapat melanjutkan ke posko pendakian gunung Lembu.

Jangan lupa siapkan air mineral yang cukup dan persediaan makanan. Karena hanya di pos 3 saja terdapat penjual makanan dan minuman.

Selamat mencoba ! (Jal)