Kharis: HUT ke-76, TNI Bersatu Berjuang untuk Rakyat

AKM • Tuesday, 5 Oct 2021 - 15:57 WIB

Jakarta - TNI memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 pada hari ini. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menegaskan TNI lahir dari rakyat, karena itu, kehadiran TNI harus benar-benar dirasakan rakyat. Kharis mengatakan HUT TNI yang ke-76 ini adalah masa yang tepat untuk Indonesia, bersatu, berjuang bersama rakyat  bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19 dan memenangkan segala ancaman dari luar terhadap kedaulatan NKRI.

Termasuk juga TNI untuk saling bahu-membahu dalam kerangka profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan semangat yang terkandung dalam Undang-Undang (UU) TNI.

“Tema peringatan HUT ke-76 TNI pada 2021 adalah “Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang” ini momentum untuk kita bersama bahwa kemenangan kita melawan pandemi dan menjaga kedaulatan NKRI dapat tercapai jika kita semua elemen anak bangsa bersatu dan bersama-sama berjuang tidak sendiri-sendiri agar tujuan tercapai yaitu kebaikan untuk NKRI," ujar Kharis dalam keterangan persnya kepada media, selasa (5/10/2021).

Kharis mengapresiasi kesungguhan dan keseriusan sinergi TNI dengan berbagai elemen bangsa. Salah satunya upaya TNI dalam membantu Pemerintah dan rakyat melawan dan memutus persebaran pandemi Covid-19.

"TNI bersama Polri, ASN, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan menjaga, mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan bahkan ratusan rumah sakit militer, ribuan tenaga medis militer juga diterjunkan inilah yang dimaksud manunggal TNI bersama rakyat," kata Kharis.

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini juga menyoroti kesejahteraan prajurit, yang juga menjadi bagian penting untuk terus ditingkatkan. Karena itu, Kharis memandang harus bersinergi dan seimbang antara profesionalisme dan kesejahteraan seperti dua sisi dari mata uang.

“Sulit menuju kemenangan kalau TNI yang profesional diabaikan aspek kesejahterannya, karena itu DPR terus berupa agar jaminan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI dan anggota keluarganya juga diperhatikan. Terakhir saya mengucapkan Dirgahayu TNI Ke-76. Kami dan rakyat Indonesia mendoakan agar TNI menjadi semakin profesional, tangguh, dan  kita semua bisa melewati dan melalui dengan selamat  pandemi ini, “Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang” tandas legislator dapil Jawa Tengah V itu.