KSAL Yudo Margono: Purnawira Bukan Batas Akhir Pengabdian

MUS • Tuesday, 12 Oct 2021 - 08:19 WIB

Jakarta - Para pendahulu akan selalu memberikan dukungan moril, karena pada hakikatnya kedudukan sebagai purnawira bukan berarti batas akhir dari pengabdian kepada bangsa dan negara.

Hal itu dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, saat  memimpin jalannya upacara wisuda Purna Wira (WPW) TNI Angkatan Laut tahun 2021, di Lapangan Arafuru Kampus Akademi Angkatan Laut Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Senin  malam (11/10).
 
Menurut Kasal, pengabdian bagi seorang prajurit akan terus diberikan kepada bangsa dan negara selama hayat masih dikandung badan.

“Sebagai generasi penerus, kami juga selalu siap menerima sumbangsih pemikiran dari para pendahulu, khususnya para wisudawan, melalui wadah Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) maupun Persatuan Istri Purnawirawan Angkatan Laut (PIPAL) demi kemajuan dan kejayaan TNI AL di masa mendatang,” terang Kasal.

Upacara WPW tahun 2021 mewisuda sebanyak 129 Purnawirawan TNI AL yang terdiri dari 1 Pati Bintang empat, 10 Pati Bintang tiga, 48 Pati Bintang dua dan 70 Pati bintang satu.

Para purnawirawan Pati TNI AL tersebut diantaranya Kasal ke-26 Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, para mantan pejabat Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, Wakasal Laksdya TNI (Purn) Wuspo Lukito, dan Laksdya TNI (Purn) Mintoro Yulianto, Kabakamla RI Laksdya TNI (Purn) A. Taufiq R.M, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI (Purn) ING Ariawan, dan mantan Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Purn) R.M. Trusono.

Wisuda Purna Wira pada hakikatnya merupakan tradisi khas TNI AL dalam melepas Perwira Tinggi (Pati) yang telah memasuki masa purna bhakti. Tradisi ini merupakan bentuk penghormatan yang tulus dari seluruh jajaran TNI AL atas dharma bakti yang telah dicurahkan oleh para pendahulu bagi kejayaan TNI AL, TNI dan negara.

Usai upacara Wisuda Purna Wira, acara dilanjutkan dengan demonstrasi Genderang Suling Gita Jala Taruna dan Bedug Dol Taruna AAL yang dirangkai acara Tradisi Pelepasan Wisuda Purna Wira TNI AL.  Kegiatan  WPW ini juga diisi dengan launching lagu "Satryoning Samudero" Karangan Laksamana Pertama  TNI Drs Ian Heryawan.