UI Mendengar dan Pahami Masukan Mahasiswa

ANP • Tuesday, 12 Oct 2021 - 21:28 WIB

Depok - Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI) Dr. Badrul Munir mengatakan pimpinan UI selalu mendengar dan memahami masukan dari mahasiswa dan dialog dengan elemen mahasiswa telah beberapa kali dilakukan secara langsung maupun melalui rangkaian Webinar #TransformasiUI. 

"Prinsipnya mahasiswa dapat menyampaikan pendapat dan pandangan orisinalnya, namun, tentu harus dilakukan dengan itikad yang baik, tertib dan tata cara yang sesuai koridor," kata Badrul di kampus UI Depok, Selasa. 

Hal tersebut dikatakan Badrul Munir menanggapi aksi unjuk rasa BEM FISIP UI sebagai motor dari Aliansi BEM UI melakukan aksi massa di kampus UI, menyuarakan penolakan atas pemberlakuan PP 75/2021 tentang Statuta UI.

Munir mengungkapkan, UI yang saat ini sedang bertransformasi menuju entrepreneurial university membutuhkan sinergisitas seluruh sivitas akademikanya. Terlebih lagi, dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh lembaga internasional. 

Diantaranya: THE World University Rankings 2022, THE Asia University Rankings 2021, SCImago Institutions Ranking, The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject, menempatkaan UI sebagai yang terbaik di Indonesia. 

"Pencapaian ini harus terus ditingkatkan. Selain itu, terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UI juga akan mengirimkan sejumlah 97 mahasiswa yang lolos seleksi IISMA ke luar negeri sebagai implementasi program pemerintah tersebut," ujarnya.

Hal senada diutarakan Anggota Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI Gusti. Ia mengapresiasi aktualisasi demokrasi di mahasiswa. Menurutnya, ada baiknya teman-teman menggunakan mekanisme dan tata cara sesuai prosedur hukum yang berlaku dengan langkah kongkret. 

"Kalau tidak setuju atau menolak produk hukum yang sudah disahkan, lakukan judicial review, mekanisme hukum yang bisa ditempuh saat sebuah produk hukum sudah jadi dan sudah diundangkan. Sebagai kaum intelektual, saya percaya teman-teman dapat memahami mekanisme tersebut," katanya.

Gusti juga menyampaikan bahwa implementasi PP 75 ini akan dilengkapi dengan peraturan turunan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari PP 75 tersebut. Ia menyerukan seyogyanya mahasiswa mengawal dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa dalam peraturan turunan tersebut. 

Menurut dia, Rektor sebagai pihak pelaksana dan penerima mandat PP 75 wajib menjalankan peraturan pemerintah tersebut. 

Untuk itu, kami mengajak mahasiswa untuk mengawal peraturan turunan sebaik-baiknya agar mengakomodasi kepentingan mahasiswa. 

"Saya yakin kalau semuanya memang berjuang demi kebaikan, kebutuhan masa depan UI. Serta tata kelola yang lebih baik, UI tidak akan larut dalam dinamika yang justru akan semakin membuat UI tertinggal," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pasal 89 PP 75 yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 2 Juli 2021 telah menyatakan PP 68 dicabut dan tidak berlaku lagi. Sedangkan pada pasal 90, ditegaskan bahwa PP 75 tersebut mulai berlaku pada tanggal diundangkan. (ANP)