Disela-Sela Tugas Pengawasan, BPKP Dipercaya Kalungkan Medali Atlet Cabor Renang Putra

ANP • Friday, 15 Oct 2021 - 20:28 WIB

Jayapura – Di tengah upaya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengawal akuntabilitas penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX di Papua yang akan berlangsung sampai dengan 15 Oktober mendatang, BPKP mendapatkan kehormatan mengalungkan medali kepada atlet pemenang cabang olahraga renang 200 meter putra.

Deputi Bidang Polhukam PMK BPKP Iwan Taufiq Purwanto yang mewakili Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh didapuk panitia Pekan Olahraga Nasional ke XX Papua untuk memberikan medali kepada atlet renang.

"Disela-sela tugas pengawasan penyelenggaraan PON Papua kita (BPKP) masih diberikan kepercayaan untuk mengalungkan medali kepada para atlet renang," katanya, Selasa (12/10).

Menurutnya, kepercayaan yang diberikan Panitia Besar PON XX Papua terhadap BPKP merupakan bentuk apresiasi atas peran pengawalan dan pengawasan yang telah dilakukan BPKP sejak tahap persiapan dan sampai dengan penyelenggaran PON berakhir.

“Terima kasih kepada rekan-rekan BPKP yang tanpa kenal lelah menjaga akuntabilitas dan tata kelola penyelenggaran PON,” ucapnya.

Sebelumnya, Iwan didampingi Kepala Perwakilan BPKP Yan Setiadi, Direktur Pengawasan Bidang Sosial dan Penanganan Bencana BPKP, Michael Rolandi Cesna Brata dan beberapa Koordinator Pengawasan mengunjungi langsung para auditor BPKP yang sedang bertugas pada beberapa Venue penyelenggaraan PON XX Papua di Merauke dan Jayapura. 

BPKP kata Iwan, melakukan pendampingan dan pengawasan atas penyelenggaraan (games times) PON XX Papua di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke serta pada PB PON XX. 

“Total Kontingen Auditor BPKP berjumlah 54 orang terdiri dari 26 auditor Perwakilan BPKP Provinsi Papua dan 28 auditor gabungan dari BPKP Pusat dan Perwakilan BPKP berbagai Provinsi di Indonesia,”pungkasnya.

Diketahui, PON XX Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 681 nomor pertandingan yang diikuti oleh 34 kontingen dengan jumlah atlet mencapai 7.039 orang dari seluruh Indonesia. Rencananya event olahraga nasional 4 tahunan tersebut akan ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/2021) mendatang. (ANP)