Kabinda Sultra Apresiasi Inisiasi Sopir Angkot Kendari Peduli Vaksinasi

MUS • Monday, 18 Oct 2021 - 14:19 WIB

Kendari - Demi menyukseskan program vaksinasi yang digelar Badan Intelijen Negara Daerah Sulawesi Tenggara (BINDA Sultra), para supir angkot Kendari yang tergabung dalam gerakan “Pete-pete Peduli Vaksinasi COVID-19”, ambil bagian dengan memobilisasi ratusan pelajar dan masyarakat umum yang hendak mengikuti Vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh BINDA Sultra bersama Pemkot Kendari di SMAN 2 Kendari. Senin, (17/10/2021).

Dalam keterangannya, Koordinator supir pete-pete, La Bolo mengatakan, mereka tergerak untuk membantu pemerintah khususnya BINDA Sultra dan Pemkot Kendari dalam meningkatkan dan menyukseskan capaian sasaran vaksinasi COVID-19, karena pelajar dan masyarakat perlu dibantu dalam hal mobilitas, karena keterbatasan gerai vaksin serta jarak tempuh yang relatif jauh, sehingga itu menjadi faktor penyebab masih rendahnya angka capaian vaksinasi COVID-19. 

Sehingga timbullah gerakan secara sukarela para supir Pete-pete, khususnya trayek jurusan Anduonohu, dan ini dilakukan tanpa memungut biaya alias gratis apabila penumpang pelajar atau masyarakat umum mau ketempat Gerai Vaksin di SMAN 2 Kendari. 

Sementara itu, Kabinda Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiasi dari Gerakan Pete-pete Peduli Vaksinasi Covid-19.

"Kami sangat bersyukur bahwa komunitas Pete-pete  kota Kendari ini mendukung kegiatan Vaksinasi pelajar. Kalau kami kemarin menggunakan dukungan dari Polda  dan dari Korem untuk menjemput para pelajar dtitik-titik disekolah-sekolahnya, sekarang komunitas Pete-pete membantu berpartisipasi Vaksinasi yang Binda laksanakan dan kalau ada masyarakat yang mau ketempat vaksin diantar gratis," ujar Kabinda Sultra.

Lebih lanjut Kabinda menyampaikan juga, bahwa vaksinasi door to door yang menyasar lansia tetap dilaksanakan khususnya di kabupaten Konawe Selatan dan kabupaten Konawe.

Berdasarkan data yang diperoleh, BINDA Sultra sudah melaksanakan vaksin dari minggu lalu yang hasilnya sudah mencapai 91%, jadi masih ada 9 % atau 464 sasaran yang dilaksanakan hari ini. Tidak hanya 100 % target BINDA bahkan lebih, karena Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe dan Konawe Selatan malah membantu menyiapkan vaksinnya.

Kabinda Sultra berharap agar masyarakat dan pelajar yang belum divaksin agar segera di vaksinasi.

"Khusus kepada masyarakat dan pelajar yang belum divaksin, bahwa vaksin ini sangat bermanfaat dan positif untuk mendapatkan Herd Immunity, sehingga banyak kesempatan baik yang kami lakukan atau dinas kesehatan atau TNI maupun Polri melaksanakan vaksin, silahkan dimana saja yang terdekat dari tempat tinggalnya melaksanakan vaksin karena sangat bermanfaat," tutup Kabinda Sultra.

Demi ikhtiar kita dalam memutus mata rantai penyebaran Covid19, tak hentinya disampaikan kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). Dan mari kita sukseskan program vaksinasi.(HenQ)