Di Atas 75%, Indeks Progress MCP Pemkot Kendari Mencapai Zona Hijau

MUS • Tuesday, 19 Oct 2021 - 19:21 WIB

Kendari - Monitoring Center for Prevention (MCP) pada pemerintah Kota Kendari memberikan hasil yang baik dengan menduduki peringkat Ke-9 dari 542 Pemerintah Daerah dalam Progres Capaian MCP secara Nasional dengan nilai indeks 76,51 (Hijau) data per 18 Oktober 2021.

Progres capaian MCP tersebut terdiri dari :
1. Perencanaan dan Penganggaran APBD 80,4%
2. Pengadaan Barang dan Jasa 85,2%
3. Perizinan 84,2%
4. Pengawasan APIP 87,5%
5. Manajemen ASN 93,7%
6. Optimalisasi Pajak Daerah 51,9%
7. Manajemen Aset Daerah 39,6%

Menanggapi capaian MCP tersebut, Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin, mengatakan ini adalah hasil kerja keras dan buah sinergitas dari seluruh elemen di jajaran Pemerintahan dan Masyarakat Kota Kendari.

"Di bawah kepemimpinan dan arahan dari Bapak Walikota, Ibu Wakil Walikota dan Ibu Sekda Kota Kendari, sehingga ritme dan harmonisasi kerja serta upaya-upaya pencegahan korupsi dilakukan secara terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik, " kata inspektur saat ditemui diruang kerjanya (18/10/21).

Terakhir, Inspektur berharap apa yang telah dicapai Pemerintah Kota Kendari saat ini agar dapat terus dipertahankan secara konsisten, semangat dan sinergitas semua pihak.

"Kami selaku APIP sangat berharap agar apa yg telah dilakukan saat ini terus dipertahankan secara konsisten dan penuh semangat serta sinergitas diantara semua pihak. Partisipasi masyarakat luas untuk turut serta mengawasi dan mendorong segala upaya langkah dan aksi pencegahan korupsi guna terwujudnya Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi," ujarnya

Untuk diketahui, upaya pencegahan korupsi pada Pemerintah Daerah dilakukan melalui program Pencegahan Korupsi Terintegrasi. Program ini merupakan pelaksanaan dari tugas KPK dalam koordinasi dan monitoring upaya-upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. 

Untuk update capaian MCP Kota Kendari dapat dilihat pada aplikasi ePROKSI melalui running text, sedang untuk melihat daftar Kota yang masuk Progres Capaian MCP secara Nasional dapat mengakses website https://jaga.id kemudian pilih menu jendela pencegahan lalu klik daerah akan tampil seluruh data dan informasi dimaksud. (HenQ)