Rakornas ICCN 2021: Akselerasi Jejaring Kota/Kabupaten Kreatif Bangkit Lebih Kuat Pascapandemi

ANP • Thursday, 21 Oct 2021 - 21:24 WIB

Pontianak - Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2021 dengan Kota Pontianak dan Singkawang menjadi tuan rumah kali ini. 

“Dengan simpul jejaring kreatif di 210+ se-Indonesia, ICCN senantiasa aktif mewujudkan cita-cita besar dari para pelaku Ekonomi Kreatif melalui penguatan jejaring forum lintas komunitas hingga memajukan berbagai potensi kreativitas lokal sampai mendunia,” kata Ketua Umum ICCN Fiki Satari. 

Fiki menambahkan, ICCN sejak awal merespons pandemi Covid-19 dengan secara langsung membantu jejaring komunitas kreatif agar mampu bertahan dan bangkit melalui situasi pandemi, dengan program dan gerakan nasional "Aksi Bersama Bantu Sesama". 

“Kolaborasi bersama berbagai pihak dalam upaya pemulihan ekonomi nasional yang begitu terdampak situasi pandemi Covid-19 terus dilaksanakan demi bersama-sama tangkas mempercepat progres kemajuan Bersama,” ujar Fiki.

Rakornas yang merupakan program tahunan ICCN sempat terkendala pandemi, hingga akhirnya kini dapat terlaksana pada 20-24 Oktober 2021 di Pontianak dan Singkawang, Kalimantan Barat. Tema Rakornas kali ini adalah "Besehe, Bekrenah, Kite Kincah!" yang dapat diartikan sebagai: "Semangat (Bergerak), Berkarya (Kreativitas dan Inovasi), Kita Lakukan Bersama (Berkolaborasi)". 

“Rakornas ini dimanfaatkan pula untuk menajamkan koordinasi seluruh jejaring kreatif atas peran-peran strategis untuk dapat bangkit lebih kuat hingga bersiap menjalani era pascapandemi,” lanjut Fiki.

Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio beserta Ketua Umum ICCN Fiki Satari, para Pengurus Nasional, Koordinator Daerah (Korda), Koordinator Wilayah (Korwil), serta anggota jejaring, akan menghadiri Rakornas ICCN 2021 ini secara hybrid (mayoritas online dan sebagian kehadiran offline tetap menerapkan Protokol Kesehatan). 

Sederet tokoh nasional juga akan turut berperan pada Rakornas ICCN 2021, seperti Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi – Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Agus Chusaini, serta para seniman pelaku Ekonomi Kreatif lokal Kalimantan Barat termasuk Romy Hernadi dan Assyifa S. Arum (Webtoonis), serta M. Taufan dan Nabilla Syafani (Manjakani).

Rangkaian kegiatan Rakornas ICCN 2021 pada hari pertama di Pontianak akan dimulai dengan Pontianak Creative Tour dengan menyusuri Sungai Kapuas dan wisata Tugu Khatulistiwa, kemudian malam harinya akan dilaksanakan sesi perdana Rakornas. 

Hari kedua di Pontianak akan diisi oleh Sesi Seminar Nasional, Acara Kumpul Kreatif, serta kelanjutan sesi Rakornas yang terdiri dari beragam talkshow serta workshop. 

Hari ketiga, para peserta Rakornas ICCN 2021 akan melakukan perjalanan ke Singkawang, untuk menyelenggarakan rangkaian kegiatan berikutnya di sana, termasuk Welcome Dinner bersama Wali Kota, Singkawang Creative Tour, serta Community Gathering.

Seluruh rangkaian kegiatan Rakornas ICCN 2021 akan diliput serta ditayangkan secara live oleh berbagai media nasional dan media sosial. Kita dapat turut menghangatkan tagar #ICCNRakornas2021 dengan posting konten kegiatan serta informasi mengenai jejaring komunitas kreatif ICCN dari seluruh Indonesia. 

Selamat menjadi bagian dari Rakornas ICCN 2021 di Pontianak dan Singkawang, Kalimantan Barat! Besehe, Bekrenah, Kite Kincah! Semangat, Berkarya, Kita Lakukan Bersama! Padamu Negeri, Kami Berkolaborasi!  (ANP)