Meningkat Tiap Tahun, Pendaftar Anugerah ASN 2021 Capai 1.621 Kandidat

AKM • Friday, 22 Oct 2021 - 13:36 WIB

Jakarta – Pendaftaran Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021 telah ditutup pada 16 Oktober 2021 lalu. Tercatat sebanyak 1.621 usulan ASN yang terdaftar dalam ajang yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini. 

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengungkapkan, animo ASN, instansi pemerintah, maupun masyarakat untuk berpartisipasi dalam Anugerah ASN 2021 cenderung meningkat tiap tahunnya. “Ini menunjukkan semakin banyak sosok ASN yang inspiratif dan inovatif. ASN yang bangga melayani bangsa sesuai bidang tugasnya masing-masing dimanapun dia ditempatkan,” imbuh Alex di Jakarta, Jum'at (22/10). 

Di tahun 2021, dari 1.621 usulan terinci sebanyak 85 usulan ASN pada kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, 158 usulan ASN pada kategori PPT Pratama Teladan, 1.029 usulan ASN untuk kategori ASN Inspiratif, serta 349 usulan ASN untuk kategori The Future Leader. 

Usulan ini meningkat dibandingkan pada 2020. Total usulan yang masuk sebanyak 945, dengan rincian 732 usulan PNS Inspiratif, 71 usulan PPT Teladan, dan 142 usulan The Future Leader.

"Tahun ini kenaikan jumlah usulan cukup signifikan, terutama pada kategori PPT Pratama Teladan dan The Future Leader yang meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya,” ujarnya. 

Deputi Alex sangat mengapresiasi antusiasme ASN, instansi pemerintah maupun masyarakat yang aktif berpartisipasi dalam mengusulkan ASN terbaiknya dalam Anugerah ASN sejak pendaftaran dibuka selama 58 hari pada 19 Agustus 2021 lalu. Kendati demikian, Alex mengakui akibat masifnya data usulan yang masuk ke siana.menpan.go.id, calon pendaftar sempat tidak bisa mengakses  website pendaftaran karena terjadi gangguan pada server.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para calon pendaftar yang tempo hari mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran Anugerah ASN di hari terakhir, ” tutur Alex. 

Sebanyak 1.621 usulan ASN saat ini telah masuk pada Seleksi Tahap I. Pada tahapan ini, Tim Seleksi Tahap I Anugerah ASN akan memvalidasi persyaratan administrasi yang sebelumnya sudah diunggah oleh calon kandidat melalui website siana.menpan.go.id. Nantinya akan dihasilkan  shortlist dari masing-masing kategori Anugerah ASN 2021. 

Alex selaku Ketua Pelaksana Anugerah ASN 2021 menegaskan, setiap tahapan seleksi dilakukan secara objektif berdasarkan persyaratan administrasi yang telah ditetapkan serta sesuai dengan kriteria penilaian keteladanan. Kriteria penilaian yang dimaksud antara lain, inspiratif, inovatif dan dampak, leadership, kemampuan komunikasi, dan kolaborasi. 

Anugerah ASN 2021 mengusung tema “ASN BerAKHLAK”. Semangat yang ingin ditekankan adalah agar penerima penghargaan Anugerah ASN nantinya dapat menjadi inspirasi dan role model  dalam mengejawantahkan core values BerAKHLAK dan employer branding ASN Bangga Melayani Bangsa dalam pengabdiannya dimanapun ia ditugaskan. Melalui gelaran Anugerah ASN 2021, ASN juga didorong untuk peka terhadap situasi pandemi Covid-19 dan turut berkontribusi nyata melalui inovasi dan dedikasi. 

“Di sisi lain, kontestasi ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat ASN untuk terus meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja dalam pengabdiannya sebagai abdi masyarakat,” pungkas Alex.