Kemendikbudristek Luncurkan Pekan Kebudayaan Nasional 2021

AKM • Tuesday, 26 Oct 2021 - 05:48 WIB

Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan pada tahun ini kembali menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN). Seperti tahun sebelumnya, tahun ini PKN akan kembali diselenggarakan secara daring dikarenakan situasi yang belum pulih sepenuhnya dari pandemi Covid-19. 

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid bahwa PKN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tema PKN adalah “Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan”. PKN Tahun 2021 mengangkat tiga sektor kearifan lokal sebagai akar ketahanan budaya, yaitu Sandang, Pangan, dan Papan. 

“Tiga subtema tersebut diaplikasikan pada program-program yang berupa Kompetisi, Konferensi dan Lokakarya, Pameran, Pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah,” ujarnya dalam Taklimat Media Peluncuran PKN 2021 secara daring, Jakarta, Senin ( 25/10).

Menurut Hilmar Farid, PKN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan PKN dari setiap tahunya memberikan terobosan yang menarik, meskipun ditengah-tengah Covid-19. PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari bulan Juli hingga saat ini masih berlangsung. 

“Berbagai kegiatan dari daerah sudah dipersiapkan, dan masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial kebudayaan,' tegas Hilmar Farid.

Harapannya PKN yang fokus terhadap kearifan lokal sebagai ketahanan budaya bisa menjadikan tayangan edukatif tentang kecerlangan budaya nusantara. Begitu juga referensi bagi generasi bangsa, tentang kehebatan keragaman budaya nusantara, tentunya dengan kemasan berbeda dari tahun sebelumnya.

"Karena di Indonesia saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka seluruh produksi sepenuhnya dilakukan secara daring, tanpa mengubah substansi konten dari konsep kuratorial," lanjut Hilmar.

Dalam kegiatan PKN tahun ini telah ditunjuk beberapa dewan kurator dalam PKN 2021, yakni Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan. 

Selain itu PKN melibatkan insan-insan kreatif dalam tayangannya: Riri Reza, Pritagita, Hanung Bramantyo, Jay Subyakto, lasja Susatyo, Ismael Basbeth, Eugene Panji, Robby ertanto, Buyungreza, Adrianto Sinaga, Leon Lolang, Richard Buntario, Raymond Ahari. 

Disisi lain kegiatan yang sudah dipersiapkan, lanjut Hilmar yakni kearifan lokal di Sumba Timur, yaitu daerah dengan kekayaan kearifan lokal dan tradisi budaya yang luar biasa. "Beberapa kegiatan Sudah kita abadikan untuk disajikan dengan kemasan yang sangat menarik. Melibatkan berbagai stakeholder kebudayaan sesuai dengan tema Cerlang Nusantara,” kata Hilmar. 

"Pastinya kegiatan tersebut dikemas dengan cara kekinian. Tradisional bertemu teknologi, untuk Sumba Timur disutradarai oleh Buyung Reza, potensi budaya dikemas apik sebagai bagian dari pergelaran Pekan Kebudayaan Nasional yang akan dilaksanakan pada 19-26 November 2021 secara daring di website www.PKN.id pada 19-26 November 2021,” ujarnya. 

Selain dihadiri dan dibuka oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, peluncuran PKN 2021 juga diramaikan oleh deretan musisi lokal favorit, yaitu: Diskoria, Jason Ranti, Shine of Black dan juga Alffy Rev yang rencananya akan mengiringi peragaan busana nusantara. Penyelenggaraan PKN 2021 yang akan berlangsung dari tanggal 19 sampai dengan 26 November 2021, dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui berbagai platform yang telah disediakan, yakni kanal budaya Indonesiana TV di Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD), laman PKN.id, dan juga kanal Youtube Budaya Saya. Selain itu untuk kegiatan pembukaan dan penutupan dapat diakses langsung melalui TVRI.