Momentum Hari Listrik Nasional, PLN Lakukan Penyambungan Gratis untuk Ribuan Keluarga Miskin di Jawa Timur

MUS • Wednesday, 27 Oct 2021 - 13:03 WIB

Jember – Peringati Hari Listrik Nasional ke-76, PLN kembali menggelar PLN Mobile Virtual Run and Ride 2021. Dalam kegiatan ini, PLN akan melakujan penyambungan listrik untuk 18 ribu keluarga pra sejahtera secara total, dan 3100 keluarga pra sejahtera di Jawa Timur.

Mewakili General Manager PLN UID Jawa Timur, Senior Manager Keuangan, Ericson Sidabutar bersama Bupati Jember, Hendy Siswanto menyerahkan langsung donasi sambung listrik gratis PLN Mobile VCRR kepada salah satu penerima bantuan, Juwariyah di Kantor Desa Karanganyar, Jember.

“PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride merupakan merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja sejak 16 Oktober hingga 7 November 2021 untuk tujuan beramal. Dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke-76,” papar General Manager PLN UID Jawa Timur, Adi Priyanto.

Melalui PLN Mobile VCRR, peserta diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda. Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah yang nantinya digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu. Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp 40.000 dan sepeda sebesar Rp 36.000.

“Ini merupakan kali kedua kami menggelar PLN Mobile VCRR ini. Tahun 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,1 miliar yang digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8 ribu keluarga pra-sejahtera. Sedangkan hingga saat ini PLN Mobile VCRR telah diikuti 1311 peserta di Jawa Timur dan nominal yang terkumpul sudah mencapai Rp. 447.049.200,-” jelas Adi.

Sementara itu Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terimakasih atas bantuan dan support untuk wilayah Jember. "Di Jember masih ada warga kami yang belum berlistrik. Dengan program ini, semoga masyarakat yang pra sejahtera menjadi sejahtera semua," tambahnya.

Kegiatan PLN Mobile VCRR ini sekaligus sebagai komitmen perusahaan untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan upaya meningkatkan Rasio Elektirifikasi (RE). Saat ini Rasio Elektrifikasi di Jawa Timur mencapai 106,21%.

“Kami berharap pada momentum Hari Listrik Nasional ke-76 ini, manfaat listrik untuk kehidupan yang lebih baik juga dirasakan 3100 keluarga pra sejahtera ini. Untuk mewujudkan terang di seluruh negeri, menjadi negeri yang tangguh dan tumbuh ekonominya,” tambah Adi.

Salah satu penerima bantuan, Juwariyah (51) yang berprofesi sebagai buruh mengungkapkan kegembiraannya mendapat bantuan listrik dari PLN. 

"Alhamdulillah, terimakasih atas bantuannya PLN, sekarang saya sudah memiliki listrik sendiri. Semoga PLN semakin sukses selalu," tuturnya.

Selain Jember, secara bertahap PLN akan memberikan bantuan sambung listrik gratis kepada masyarakat di Ponorogo, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, dan Pacitan dengan total 3100 rumah tangga pra sejahtera.

Pada momentum HLN ke-76, PLN pun memberikan bantuan bedah rumah kepada pensiunan PLN senilai Rp. 195.251.600,-

"Bantuan bedah rumah ini merupakan wujud terimakasih PLN kepada para purna pejuang kelistrikan yang telah mengabdi setulus hati pada masanya, semoga di usia senja mereka dapat hidup di tempat yang layak," pungkas Adi. (Her)