Pengurus Masika ICMI Dilantik 31 Oktober, Ismail: Program Kerja Adaptif Dengan Era Disrupsi

ANP • Thursday, 28 Oct 2021 - 11:29 WIB

JAKARTA - Pengurus Nasional Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (Masika ICMI) akan dilantik di Gedung Perpustakaan Nasional  dan dilanjutkan dengan Rakernas di Hotel Veranda Jakarta, Minggu (31/10/2021). Badan Otonom ICMI yang lahir 8 Oktober 1993 ini akan dilantik Jimly Asshidiqie selaku Ketua Umum ICMI. Usai pelantikan diagendakan orasi ilmiah oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketua Umum Masika ICMI  Ismail Rumadan menjelaskan, pengurus Masika ICMI berjumlah 99 orang yang terbagi dalam 12 bidang dan 33 departemen diharapkan bekerja maksimal untuk meningkatkan speed organisasi sesuai tujuan Masika ICMI.

"Kami juga mengundang 30 Majelis Pembina dan Prof. Dr. Ilham Habibie sebagai Ketua  Majelis Pakar dan 30 anggota Majelis Pakar yang tersebar dari barbagai kalangan," kata Ismail Rumadan.

Mengenai agenda dan program kerja 5 tahun mendatang, Ismail Rumadan mengungkapkan Masika telah menyusun program yang adaptif dengan era disrupsi media seperti saat ini. Ini sejalan dengan harapan dan masukan saat Pengurus Masika ICMI bertemu dengan Jimly dan Anies beberapa waktu lalu. 

Program-program berbasis digital yang menjangkau generasi milenial akan menjadi salah satu program unggulan Masika ICMI terus melanjutkan program Tunas Cendikia.

“Ini tidak menghalangi kerja-kerja organisasi, hanya saja sesegera mungkin dilaksanakan penyegaran sehingga dapat mengawal agenda organisasi yang berorientasi keumatan,” kata Dr Ismail.

Program Tunas Cendekia menjadi sebuah program yang dilaksanakan usai Rakornas di Bandung, 2018. Saat itu, salah satu keputusan Rakornas adalah dengan melaksanakan program kolaboratif dalam rangka mendorong tumbuhnya cendekiawan muda.

Ismail terpilih sebagai Ketua Umum Masika ICMI dalam Pertemuan Nasional dalam Pertemuan Nasional IX Masika ICMI di Bandung 21-22 Agustus lalu. (ANP)