Trend Mobilitas Pekerja, Jobstreet Hadir Sebagai Platform Yang Membantu Mencari Peluang Kerja di Dalam Negeri Hingga Luar Negeri

FAZ • Tuesday, 4 Jun 2024 - 19:01 WIB

JAKARTA- Mobilitas pekerja menjadi trend dikalangan anak muda hingga orang dewasa, trend ini bukan hanya terjadi di Indonesia namun juga trend di seluruh dunia. Beberapa negara yang menjadi destinasi paling diminati untuk menjadi negara tujuan untuk bekerja di dunia antara lain; Australia, Amerika, Jerman, Jepang, Singapore, Perancis dan negara berbasis bahasa inggris lainnya.

Ada beberapa faktor pemicu mengapa mobilitas pekerja ini dapat terjadi, misalnya keinginan merasakan bekerja dengan budaya kerja dan lingkungan baru, ingin bekerja dengan lingkungan berbasiskan bahasa inggris, nominal pendapatan yang lebih tinggi dan menjanjikan dan masih banyak faktor lain.

Wisnu Darmawan selaku Sales Director Indonesia Job Street by Seek menyampaikan jika dilihat berdasarkan data tahun 2023 yang lalu, memang negara-negara yang menjadi tujuan pra pekerja adalah negara-negara yang berbahasa inggris. Karena bahasa Inggris sudah menjadi bahasa universal yang dikuasai oleh banyak orang. Selain itu negara-negara maju juga menjadi faktor penarik minat bagi pekerja, karena para kandidat pekerja ini pasti mencari peluang tempat yang bisa memberikan manfaat secara ekonomi maupun finansial.

Berbeda dengan negara lain yang biasanya bekerja keluar negri perhitungan jangka panjang, motovasi pekerja Indonesia yang bekerja di negara luar ialah pengembangan karir, rata-rata dari mereka hanya ingin bekerja dalam jangka menengah sekitar 3 tahun atau lebih kemudian setelah itu mereka kembali lagi ke Indonesia untuk mengembangkan pengalaman kerja yang sudah dilakukan diluar negri.

"Jadi ternyata yang dicari orang-orang Indonesia itu lebih ke pengalaman karir, pengembangan karir, ketika mereka merasa sudah mempunyai pengalaman yang cukup dari bekerja di luar negeri lalu kemudian pengalaman tersebut bisa mereka bawa pulang untuk dikembangkan ditempt asalnya”. ungkap Wisnu.

Indonesia cenderung memilih negara yang memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari negara asalnya , contohnya saja Malaysia dan Singapore.

Namun ternyata Indonesia juga menjadi negara tujuan bekerja oleh beberapa negara tetangga. Berdasarkan riset, tahun 2018 dan 2020 Indonesia tercatat menduduki peringkat 51, kemudian pada tahun 2023 naik pesat ke peringkat 33, itu artinya sekarang Indonesia itu sudah sangat diminati bagi pekerja-pekerja dari luar Indonesia.

Oleh karena itu Jobstreet hadir sebagai platform yang dapat membantu para pekerja dalam mencari peluang pekerjaan baik di dalam negri maupun luar negri. Dengan dilengkapi dengan sistem filter/penyaringan minat, Jobstreet dapat memudahkan penggunanya dalam menemukan posisi yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki.

Jadi dengan adanya mobilitas pekerja ini juga memberikan dampk positif, karena dengan hal tersebut maka diversity maupun inclusiveness itu menjadi terasa penting contohnya penggunaan bahasa yang dimengerti semua orang contohnya bahasa Inggris, kemudian juga terbiasa dengan sikap saling menghargai dari masing-masing asal negara. (Von)