Dari Lahan Rawa Banyuasin, Kementan Tumbuhkan Wirausaha Muda Pertanian

FAZ • Tuesday, 4 Jun 2024 - 22:13 WIB

BANYUASIN - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong penumbuh wirausaha muda pertanian dalam rangka regenerasi petani.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyatakan bahwa generasi emas pertanian berada di anak-anak muda. Sebab, mereka mempunyai tekat, kreativitias, dan inovasi yang kuat untuk mengembangkan pertanian.

Melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan secara intens melakukan pendampingan bagi alumni vokasi pertanian antara lain Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI), SMKPP Negeri Sembawa.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan pembinaan wirausahawan muda adalah hal yang vital bagi generasi muda pertanian. Harapannya, mampu mempersiapkan dan mencetak SDM pertanian yang andal.

"Jika banyak generasi yang tergugah hatinya dalam pengembangan usaha pertanian, hal itu akan menimbulkan dampak yang positif karena itu akan menjadi bekal bagi mereka ke depannya dalam rangka menopang perekonomian Indonesia terutama dalam swasembada pangan," ujar Dedi.

Alumni vokasi Kementan ini dibina sebagai petani muda yang mendukung optimalisasi potensi pertanian lahan rawa di titik lokasi Muara Telang dan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pembinaan ini dimulai pada Februari 2024 sampai dengan sekarang.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Idha Widi Arsanti pada minggu 2 Juni 2024 menyampaikan para alumni vokasi pertanian Kementan ini membantu pengembangan pertanian modern di lahan rawa dan sudah dapat beradaptasi dengan lingkungan dan masyarakat.

"Para alumni juga mencari peluang bisnis lainnya di Banyuasin  dikuatkan oleh program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) yang bekerjasama dengan petani untuk budidaya melon, jamur, itik, dan kambing." Tegas Idha.

Tercatat 13 kelompok mendapatkan PWMP dengan komoditas usaha antara lain itik, bebek, kambing, melon dan jamur tiram. PWMP Alumni ini bekerja sama dengan PT Telang Agro Mandiri (PT. TAM) yang ada di Tanjung Lago.

Idha mengatakan PWMP bertujuan sebagai dukungan bagi alumni untuk dapat mengembangkan usaha di lahan rawa serta  diharapkan dapat dikembangkan dan dioptimalkan dengan mengajak petani milenial yang berada di sekitar.