Avail Raih Total Dana $75 Juta untuk Interoperabilitas Rollup dan Ketersediaan Data yang Sangat Aman

ANP • Wednesday, 5 Jun 2024 - 09:22 WIB

JAKARTA - Investasi ini akan mendanai pengembangan lapisan unifikasi untuk mengatasi masalah skalabilitas dan fragmentasi Web3, membuka jalan bagi pengalaman blockchain yang aman, hemat biaya, dan ramah pengguna.

*JUNI* - Avail, solusi blockchain modular yang dirancang untuk menyatukan Web3 dan mengoptimalkan ketersediaan data (DA) untuk aplikasi yang dapat diskalakan dan disesuaikan, hari ini berhasil menutup putaran Seri A yang sangat diminati dengan mengumpulkan dana sebesar $43 juta. Dengan tambahan $32 juta yang telah dikumpulkan dari putaran pra-seed dan seed, total dana yang berhasil dihimpun oleh Avail kini mencapai $75 juta.

Putaran Seri A ini diikuti oleh perusahaan modal ventura ternama seperti Founders Fund, DragonFly Capital, Cyber Fund, dan sejumlah VC terkenal lainnya, termasuk SevenX, Figment, Nomad Capital, LocalGlobe, Altos Ventures, Chapter One, Superscrypt, Foresight Ventures, Mirana Ventures, KR1, RW3 Ventures, Alliance Dao, Hashkey, Elixir Capital, Spark Digital Capital, serta beberapa investor individu.

Pendanaan Seri A ini akan semakin mempercepat misi Avail untuk mengatasi masalah ketersediaan data yang dapat diskalakan, interoperabilitas, dan fragmentasi rollup melalui Unification Layer—sebuah tumpukan teknologi modular mutakhir yang menggabungkan ketersediaan data, agregasi, dan keamanan bersama untuk memungkinkan blockchain modular dapat diskalakan dan dioperasikan tanpa izin dan secara aman.

"Pendanaan Seri A ini menandai momen penting bagi Avail saat kami berupaya membangun lapisan unifikasi tanpa izin untuk Web3," kata Anurag Arjun, Co-founder Avail. "Dengan modal baru ini, kami siap untuk mempercepat pengembangan, memperluas kehadiran global kami, dan terus mengatasi tantangan paling kritis yang dihadapi Web3 saat ini, seperti fragmentasi blockchain, ketersediaan data yang tidak memadai, dan skalabilitas yang terbatas. Selain itu, pendanaan ini juga akan membantu memupuk kemitraan dan kolaborasi dengan pelaku lain di seluruh ekosistem Web3, yang sangat penting bagi kesuksesan Avail."

Avail DA menyediakan infrastruktur terdesentralisasi bagi pengembang untuk dengan cepat membangun dan mengembangkan aplikasi blockchain modern. Nilai terbesar dalam menciptakan rollup baru daripada membuat L1 terpisah adalah kemampuan untuk mewarisi keamanan dari lapisan dasar. Agar Avail dapat menjadi lapisan unifikasi untuk Web3, lapisan ini harus sangat aman. Untuk mencapai ini, Avail akan memperluas restaking untuk mencakup berbagai aset seperti BTC dan ETH, menyediakan keamanan yang memadai bagi ribuan rollup di atasnya.

"Avail membuat ketersediaan data — masalah yang historisnya mahal untuk blockchain — menjadi jauh lebih murah dan efisien dengan pendekatan inovatif dan khusus mereka. Solusi DA mereka, yang dipasangkan dengan lapisan interoperabilitas Nexus dan lapisan keamanan Fusion, membuatnya sangat mulus dan mudah bagi tim untuk menciptakan protokol baru (di semua kategori kripto) dengan memanfaatkan tumpukan teknologi Avail. Tidak hanya solusinya sangat scalable dan murah, tetapi juga merupakan pilihan yang sangat kuat dalam hal keamanan bagi tim untuk membangun. Kami bangga mendukung Anurag, Prabal, dan tim hebat di Avail saat mereka membangun infrastruktur penting ini untuk kripto," kata Joey Krug, Partner di Founders Fund.

Selanjutnya dalam peta jalan Avail Unification Layer adalah Avail Nexus, yang memecahkan masalah interoperabilitas antar-rollup. Lapisan unifikasi ini adalah rollup koordinasi zero-knowledge yang dibangun di atas Avail DA, bertindak sebagai pusat verifikasi yang menyatukan berbagai rollup untuk mengatasi masalah fragmentasi blockchain seperti likuiditas terisolasi. Avail Nexus akan menciptakan pengalaman pengguna yang mulus dengan mengabstraksikan rantai, terlepas dari jumlah rollup yang mereka interaksikan atau ekosistem tempat mereka dibangun.

"Potensi Web3 sangat besar, dan Avail berada di garis depan dalam membuat paradigma baru ini dapat diakses dan praktis untuk berbagai kasus penggunaan," kata Haseeb Qureshi, Managing Partner di Dragonfly. "Kami sangat senang mendukung Avail saat mereka terus mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan di ruang ini."

Pendanaan Seri A juga akan mendukung pengembangan Fusion Security, sebuah pendekatan baru untuk memastikan keamanan yang terintegrasi dan berbagi di seluruh ekosistem Avail. Dengan memanfaatkan aset asli dari ekosistem yang matang dan token rollup baru, Fusion Security bertujuan untuk memberikan jaminan kripto-ekonomi yang kuat, memperkuat fungsi Avail sebagai lapisan unifikasi untuk Web3.

Baru-baru ini, Avail mencapai tonggak sejarah penting dalam testnet berinsentif mereka, "Clash of Nodes," dengan mencapai 310 validator pada puncaknya, hampir 110.000 total akun yang dibuat, dan 116 juta transaksi yang diproses — menjelang peluncuran mainnet yang akan datang dalam beberapa minggu ke depan.

"Avail menggabungkan campuran teknologi yang menarik, menggunakan infrastruktur yang sudah mapan seperti Substrate dengan Data Availability Sampling dan skema pembuktian zero knowledge yang mutakhir," kata Walt Smith, Investor di Cyber Fund. "Kami percaya bahwa Avail memiliki kerangka untuk menjadi teknologi yang menjanjikan di berbagai teknologi blockchain."

Dengan menyediakan lapisan ketersediaan data yang dapat diskalakan, pusat koordinasi lintas-rantai yang terintegrasi, dan keamanan ekonomi token asli yang tinggi, Avail membantu mewujudkan masa depan terdesentralisasi yang terhubung dan ramah pengguna.