Saudi Wajibkan Jamaah Haji Gunakan Kartu Nusuk, Ini Fungsinya 

MUS • Sunday, 9 Jun 2024 - 20:03 WIB

Mekkah - Setiap tahun pemerintah Arab Saudi selalu memperbaiki pelayanan haji. Tahun ini, agar proses haji berlangsung lancar, Pemerintah Arab Saudi mewajibkan semua jamaah menggunakan kartu pintar, Nusuk. Lalu apa saja fungsi Nusuk Card ini? 

Nusuk Card dibagikan kepada jemaah haji tahun ini. Kartu pintar ini merupakan inovasi Arab Saudi dengan penerapan teknologi terbaru untuk menjamin kelancaran haji. 

Head Project Nusuk Card Dr Essam Qattan menjelaskan kartu pintar tersebut memiliki fitur keamanan seperti microtext, pola Guilloche yang memiliki jalinan warna-warna unik dalam garis-garis yang rumit agar data jamaah terlindungi.

Nusuk juga memiliki gambar Thermochromic yang akan lenyap ketika terkena panas, lantas ada juga tanda berkilau yang bakal tampak ketika terkena cahaya.

“Tentu saja ini demi kenyamanan jamaah. Kartu ini dibagikan ke seluruh jamaah ketika datang ke Arab Saudi untuk berhaji,” papar Essam  di Kantor Pusat Nusuk Card di Mekkah, Minggu (09/06/2024). 

BACA JUGA: Saudi Perketat Pemeriksaan Jelang Puncak Haji, Jemah Wajib Bawa Dokumen Resmi Kemanapun

Essam melanjutkan, ketika dipindai Nusuk Card bakal menampilkan foto jamaah, barcode yang menyimpan semua data haji jamaah, informasi personal jamaah, termasuk nomor paspor, nomor entry point/border, asal jamaah, tanggal lahir, nomor kontak, serta data penting lainnya. 

Nusuk juga bagian dari upaya pemerintah Arab Saudi untuk mencegah masuknya jemaah haji ilegal selama pelaksanaan ibadah haji berlangsung. 

Berdasarkan ketentuan baru yang berlaku hanya jamaah dengan Nusuk Card yang bisa memasuki tempat pelaksanaan puncak Haji 2024 di Arafah, Muzdalifah dan Mina. 

Kartu pintar ini juga dapat dipakai ketika memasuki lokasi-lokasi khusus untuk menikmati layanan, fasilitas dan situs-situs suci di Makkah dan Madinah pada musim haji. 

Essam menjelaskan jamaah diberikan kartu secara fisik dan digital. “Jadi bila hilang masih ada yang digitalnya,” imbuhnya.