The Watchers: Saat Hidupmu Diamati Oleh Sosok Seram Misterius 

ITK • Tuesday, 11 Jun 2024 - 14:25 WIB

Genre: Horor Supernatural 
Director: Ishana Night Shyamalan 
Cast: Dakota Fanning, Georgina Campbell, Olwen Fouere, Oliver Finnegan 
Distributed: Warner Bros. Pictures 
Durasi: 102 menit 
Sedang Tayang di Seluruh XXI Indonesia 
 
Tagline dari Film The Wathcers adalah, "Kamu tidak bisa melihat mereka, tapi mereka bisa melihat segalanya." dan sesuai dengan tagline itu, The Watchers berhasil menampilkan kengerian sekaligus ketakutan karena para tokohnya harus melawan gerombolan sosok misterus yang tidak bisa mereka lihat. 
 
Dakota Fanning berperan sebagai Mina, seorang seeniman berusia 28 tahun yang terdampar di sebuah hutan tak terjamah di bagian barat Irlandia. Mina merupakan orang yang tidak pernah mau menjadi dirinya sendiri karena menyimpan masa lalu kelam terkait kematian ibunya. 
 
Ketika Mina tersesat di hutan tersebut, ia bertemu tiga orang lainnya yang ternyata juga tersesat yaitu Ciara (Georgina Campbell), Madeline (Olwen Fouere), dan Daniel (Oliver Finnegan). Mereka berempat memutuskan untuk tinggal bersama di sebuah ruangan yang disebut kandang demi bertahan hidup. 


 
The Watchers memperlihatkan kengerian terselubung, saat gerak-gerik kehidupan kita diamati dan diawasi oleh orang lain. Seakan berada di dalam sebuah pertunjukkan, kita ditonton oleh banyak sosok yang tidak bisa kita lihat maupun kita kenali, mereka disebut The Watchers. 
 
The Watchers (pengamat) hanya bisa dirasakan kehadirannya, mereka datang bergerombol dengan bunyi suara yang menakutkan dan mengerikan. Hingga pada bagian pertengahan film, kita benar-benar dipelihatkan seperti apa sosok asli dari The Watchers yang ternyata sangat mengejutkan bagi penonton. 
 
Sebagai film bergenre horor supernatural, The Watchers berhasil memperlihatkan ketakutan dan kengerian hanya dari backsound dan visualisasi suasana hutan ketika sosok The Watchers akan hadir, meski sosok itu belum diperlihatkan secara gamblang. Kemudian, bagaimana keempat tokoh utama ini harus bertahan hidup diantara sosok-sosok misterius yang mengamati mereka di hutan belantara. 
 
The Watchers disutradarai Ishana Night Shyamalan yang merupakan anak dari Sutradara M. Night shyamalan yang terkenal dengan sejumlah film horor buatannya. Film ini juga merupakan adaptasi dari Novel Horor buatan A.H. Shine dengan judul yang sama. 


 
Sebagai film adaptasi dari sebuah novel, The Watchers cukup rapi dalam menyusun alur cerita dengan durasi 102 menit. Penonton dibuat mengenali tokoh Mina terlebih dahulu untuk kemudian masuk ke dalaam inti cerita saat Mina terjebak di sebuah hutan bersama tiga orang lainnya dan diamati oleh The Watchers. 
 
The Watchers juga memiliki plot twist yang tidak terlupakan, kejutan lainnya akan terus diperlihatkan selama menonton film. Ditambah, kekuatan historical dibalik sosok The Watchers juga disampaikan secara apik dan memuaskan dalam film ini. Sama sekali tidak dipaksakan, justru menambah kengerian karena bisa jadi kita juga diawasi oleh sosok The Watchers di kehidupan nyata. 
 
The Watchers sudah tayang di seluruh XXI tanah air, Pendengar Trijaya yang penasaran dengan perjuangan Mina untuk keluar dari hutan dan bertahan hidup, serta penasaran dengan identitas asli dari The Watchers. Maka bisa menjadikan The Watchers sebagai pilihan film untuk ditonton di minggu ini. (AYN)