The Bikeriders: Tom Hardy Tampil Karismatik Sebagai Bos Geng Motor Vandals 

ITK • Wednesday, 19 Jun 2024 - 14:52 WIB

Genre: Crime, Drama 
Sutradara: Jeff Nichols 
Pemain: Austin Butler, Jodie Comer, Tom Hardy, Mike Faist 
Production: New Regency Productions 
Distribution: Focus Features 
Sedang Tayang di Seluruh XXI 
 
The Bikeriders merupakan film adaptasi dari buku fotografi karya Danny Lyon yang mendokumentasikan kehidupan geng motor Chicago era 60-an. Film ini diperankan oleh Tom Hardy sebagai Johnny, Austin Butler sebagai Benny, dan Jodie Comer sebagai Kathy. 
 
The Bikeriders memiliki alur yang mirip dengan film biopik, dimana menceritakan sebuah fenomena budaya klub motor di Amerika yang mulai berkembang, yang awalnya sebagai wadah berkumpulnya pecinta motor dan penggemar otomotif, namun berubah menjadi dunia kekerasan dan kejahatan yang sangat berbahaya. 
 
Tom Hardy yang berperan sebagai Johnny merupakan Ketua Klub Motor Vandals yang didirikan atas dasar kesukaannya akan dunia otomatif dan balapan, ia membentuk klub yang beranggotakan beberapa orang pria termasuk Benny (Austin Butler) yang juga pecinta motor. 


 
Klub Vandals awalnya merupakan klub motor kecil dengan hanya berisikan beberapa orang anggota beserta pasangan mereka, namun lambat laun klub ini menjadi terkenal bahkan di luar Chicago hingga memiliki banyak cabang di beberapa daerah. Johnny sebagai ketua klub yang dikenal tegas serta mampu mengendalikan anggotanya mulai merasa kewalahan karena banyaknya anggota baru yang bergabung, namun dengan prinsip yang berbeda. 
 
The Bikeriders memiliki visual yang mumpuni, bisa dibilang indah dengan latar belakang Chicago di tahun 60-an digambarkan dengan sangat bagus. Penggambaran dokumentasi sebuah klub motor dari buku fotografi Danny Loan juga dikemas dengan apik dan rapi. Film ini memiliki penceritaan runut yang mampu membangun emosi penonton hingga level mixing, penonton dibawa terlena dengan pembangunan cerita dari masing-masing karakter anggota Klub Vandals yang lucu serta unik, sampai akhirnya dibuat menangis karena Klub Vandals berakhir menjadi geng kriminal yang banyak melakukan kekerasan dan kejahatan. 
 
Uniknya film ini, penonton dibuat jatuh cinta dengan Klub Vandals di awal pendiriannya. Seperti Kathy (Jodie Comer) yang merupakan istri Benny, Kathy jatuh cinta dengan kegiatan 'bermotor' karena digambarkan dengan sangat indah di film ini. Sehingga, saat Klub Vandals mulai tak terkendali, penonton menjadi sangat sedih dan menyayangkan akhir yang dialami Klub Vandals. 


 
The Bikeriders juga memiliki lagu latar yang apik, sangat nyaman dan menyatu dengan tiap adegan. Tak heran karena banyak lagu yang digunakan dalam film ini seperti Baby Please Don't Go dan I'm Going Home dan masih banyak lagu lain di bawah lisensi Universal Studio. Ditambah, visual anggota Vandals dengan jaket hitam ketat mereka, sungguh menjadi daya tarik utama film ini. 
 
Menonton The Bikeriders seperti melihat perjalanan Tom Hardy sebagai Ketua Klub Motor Vandals, sosok karismatik pecinta motor bersama Austin Butler dan banyak anggota lain yang memiliki akhir cerita berbeda, setelah Vandals bukan lagi menjadi klub motor yang mereka kenal dan dirikan. Perasaan emosional mencintai suatu hal namun berakhir tragis dan tak terkendali menjadi pesan moral yang sangat nyata untuk penonton.
 
The Bikeriders bukan film yang hanya ditunjukkan untuk pecinta motor dan otomotif atau untuk anggota klub-klub motor saja, namun untuk seluruh penonton yang menyukai film biopik non personal yang jalan penceritaannya disusun dengan sangat apik sekaligus menghibur. The Bikeriders sudah bisa Pendengar Trijaya saksikan di seluruh XXI tanah air. (AYN)