Gangguan Pusat Data Nasional, Kementerian Kominfo: Layanan Keimigrasian Berangsur Pulih

MUS • Sunday, 23 Jun 2024 - 19:48 WIB

Jakarta - Server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 mengalami gangguan sejak 20 Juni 2024 dan berdampak pada sejumlah layanan publik, termasuk sistem imigrasi.

Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo, Samuel Abrijani Pangarepan mengklaim pihaknya masih berupaya melakukan pemulihan terhadap gangguan server PDNS 2. Namun beberapa layanan keimigrasian di bandara sudah kembali normal.

“Layanan keimigrasian berangsur pulih. Sistem autogate maupun counter petugas imigrasi sudah dapat berfungsi, baik di pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan. Untuk sistem layanan lainnya, saat ini masih terus dilakukan upaya pemulihan dan langkah mitigasi untuk mencegah dampak yang lebih luas. Penanganan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas untuk mempertahankan layanan publik yang optimal, kata Semuel dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (23/6).

Kementerian Kominfo meminta maaf atas gangguan yang berdampak pada layanan publik. Semuel memastikan pemulihan server terus dilakukan berkordinasi dengan sejumlah instansi terkait lainnya.

“Kami kembali menyampaikan permohonan maaf atas penurunan kualitas layanan yang terjadi akibat gangguan tersebut. Upaya pemulihan terus dilakukan bersama BSSN, Polri, Kementerian/Lembaga terkait, PT Telkom dan mitra penyelenggara lainnya,” pungkas dia.