SD Perdana Ketapang Unjuk Gigi dengan Diseminasi di 3 Sekolah Wilayah Manismata

FAZ • Friday, 5 Jul 2024 - 00:00 WIB

Ketapang – Sebagai upaya pengimbasan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh melalui Lighthouse School Program, SD Perdana Ketapang selenggarakan diseminasi dengan berbagi praktik baik kepada 158 pendidik di wilayah Ketapang dan sekitarnya jenjang SD. Peserta ini merupakan pendidik yang berasal dari 3 sekolah yaitu SD 23 Manismata, SD 10 Manismata, dan SD 7 Manismata.

Diseminasi ini dilaksanakan pada tanggal 14-16 Mei lalu di 3 sekolah tersebut dibawakan langsung oleh 7 guru dan manajemen SD Perdana Ketapang.

“Kegiatan diseminasi ini menjadi wadah para guru di wilayah Ketapang agar bisa menggali ilmu sedalam-dalamnya. SD Perdana Ketapang juga kini semakin aktif berkembang dan menunjukkan semangatnya dalam menyebarkan ilmu dan pengalaman yang sudah mereka dapatkan di Lighthouse School Program ini,” ucap Fadlansyah, Ketua Pengawas Kecamatan Manismata (21/06).

Pada diseminasi ini, para guru dan manajemen SD Perdana Ketapang membawakan materi mengenai Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan dengan berbagai media pembelajaran menarik yang dapat dengan mudahnya diimplementasikan di kelas.

“Diseminasi ini merupakan ajang bagi kami untuk bisa menunjukkan keberadaan sekolah kami. Meskipun sekolah kami sulit di akses, tapi bukan berarti kami tidak bisa berkembang apalagi sampai kami bisa berbagi praktik baik di wilayah lain," ucap Deni Arianto, Pj Kepala SD Perdana Ketapang (21/06).

Lighthouse School Program (LSP) merupakan program yang diinisiasi oleh PT. Sampoerna Agro Tbk bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation. program ini ditujukan kepada SD Perdana Ketapang untuk meningkatkan kualitas sekolah secara intensif melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif untuk mweujudkan sistem manajemen yang akuntabel.

Program ini juga mencakup beragam kegiatan pengembangan professional guru, kualitas manajemen sekolah, kapasitas siswa dan pemberdayaan komunitas sekolah di Kabupaten Ketapang.

Diseminasi yang dilaksanakan oleh SD Perdana Ketapang merupakan upaya PT. Sampoerna Agro Tbk dalam memberikan dampak bagi wilayah sekitar perkebunan PT. Usaha Agro Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan.

Selain itu diseminasi ini juga menjadi ajang sekolah untuk semakin memperkenalkan dan menyebarluaskan praktik baik yang telah didapatkan selama program berlangsung.