NEXBIO dan PADIGITAL Menjalin Kerjasama Strategis Pengembangan Pertanian Berkelanjutan di Indonesia

FAZ • Friday, 5 Jul 2024 - 15:37 WIB

Jakarta - PT Nexbio Tech Internasional melakukan kerjasama dengan PT Padigital Graha Utama, sebuah perusahaan digital yang bergerak dalam bidang teknologi pertanian.

Sebagai Perusahaan di bawah STERILYN Group yang bergerak pada bidang distribusi produk pertanian, PT Nexbio Tech Internasional berkomitmen untuk mendukung para petani di seluruh Indonesia dengan produk berkualitas tinggi yang ramah lingkungan didukung dengan teknologi yang mumpuni dalam penyebarannya.

Produk dari PT Nexbio Tech Internasional ini adalah pupuk dan pestisida organik dengan merek NEXBIO. NEXBIO merupakan pupuk yang dibuat dengan teknologi nano, yang membuat partikel NEXBIO menjadi 1/10 juta lebih kecil dibandingkan pupuk organik biasa. Tujuannya adalah agar NEXBIO bisa diserap maksimal melalui mulut daun (stomata) dan pori-pori batang (lentisel).

Penerapan teknologi nano pada NEXBIO membuatnya sangat hemat dan praktis untuk digunakan oleh petani, memberikan hasil pertanian yang meningkat sekaligus menurunkan biaya produksi secara drastis, khususnya biayaangkut pupuk yang jauh lebih murah dibandingkan pupuk kimia.

Berdasarkan pengalaman para petani yang telah menggunakan NEXBIO, hasil pertanian dapat meningkat antara 20 hingga 50% lebih tinggi.

Menurut Pamrihadi Wiraryo, Co-Founder dan CEO PADIGITAL, dengan memanfaatkan platform yang dimiliki oleh PADIGITAL yaitu Padigital.exchange, PT Nexbio Tech Internasional akan meluncurkan produknya di platform tersebut, dan siap membantu petani secara menyeluruh dengan dukungan dari Padigital.exchange.

Produk NEXBIO akan tersedia pada platform digital yang dapat dibeli dan dijual kembali di platform Padigital.exchange. Selain itu, pengguna yang memiliki token NEXBIO dapat melakukan redeem token mereka untuk mendapatkan pupuk organik dari NEXBIO.

Pamrihadi Wiraryo yang juga pernah mengabdi di Food Station Tjipinang Jaya BUMD DKI Jakarta sebagai Direktur Utama, mengatakan bahwa Platform yang dimiliki PT Padigital Graha Utama adalah platform yang mengintegrasikan teknologi Web3 blockchain untuk komoditas pertanian, yang memungkinkan transaksi yang transparan dan efisien menggunakan teknologi blockchain.

Dengan teknologi ini, setiap transaksi dicatat dengan aman dan transparan, memberikan kepercayaan dan keamanan bagi semua pihak yang terlibat dalam ekosistem pertanian. Melalui model Contract Farming yang dimiliki oleh PADIGITAL, hal ini memungkinkan PADIGITAL melakukan proses due diligence yang ketat pada lahan dan tanaman, untuk mengatur jenis tanaman, benih, serta pupuk yang berkualitas untuk pemberdayaan petani dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

Hal ini membuktikan produk NEXBIO menjadi salah satu produk berkualitas yang dipercaya oleh PADIGITAL  untuk mendorong pertanian berkelanjutan melalui kesepakatan yang transparan dan adil. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam memajukan sektor pertanian di Indonesia, melalui penerapan teknologi canggih dan solusi inovatif.