Pergeseran Fungsi, Box Motor Jadi Kebutuhan Berkendara Harian

AKM • Wednesday, 10 Jul 2024 - 06:15 WIB

Jakarta - Fenomena pemakaian aksesoris tambahan sepeda motor di Indonesia sangat bervariatif, mulai dari komponen besar, seperti: knalpot, ban, tambahan body kit, velg, dan lain-lain, maupun komponen-kompinen "perintilan", seperti: mur, baut, handle rem, bahkan gantungan helm. 

Fenomena ini terjadi di masyarakat dikarenakan populasi dan budaya sepeda motor sangat begitu melekat, dimana penggunaan sepeda motor sudah sejak zaman kemerdekaan. 

Saat ini populasi pengguna sepeda motor di Indonesia sekitar lebih dari 130 juta unit di tahun 2023, sehingga dengan besarnya populasi tersebut menjadi lahan yang besar para brand aksesoris ternama sampai merk lokal untuk menyediakan berbagai macam produk untuk masyarakat. 

Marketing Division dari PT Givi Indonesia,  Alfian mengatakan Box motor salah satunya, menjadi pilihan masyarakat pengguna sepeda motor sebagai tambahan aksesoris. Di awal tahun 2000, brand GIVI menjadi pioneer aksesoris box motor pertama di Indonesia. 

“Bermula box motor ini dipakai untuk motor-motor be-cc besar saat itu yg populer, yaitu tipe Honda Tiger 2000, Suzuki Thunder 250 dan sejenisnya. Peruntukannya adalah untuk menambah kegagahan motor tersebut, ataupun untuk ajang pamer ke sesama komunitas,” ujar Alfian, kepada Media, Jakarta, Rabu (10/ 7).

Alfian mengatakan, awal tujuan box motor tersebut adalah untuk penyimpanan barang pada saat perjalanan jauh (touring), namun pada saat itu kebanyakan para pengguna box motor tetap memakai box di kesehariannya dan pada saat kopdar. 

“Sehingga timbul mindset di masyarakat bahwa box motor peruntukannya sebagai aksesoris tambahan dengan fungsi untuk perjalanan jauh dan ajang fashion,” ungkapnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, fenomena ini bergeser. Yang awal mula mindset box motor ini untuk touring ataupun fashion, dengan berbagai faktor dan perubahan mindset masyarakat yg kuat dan juga berbagai tipe-tipe box motor yang bervariatif.

“Box motor ini menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari untuk berbagai macam kebutuhan, seperti penyimpanan laptop, barang belanjaan, bahkan untuk menyimpan barang-barang harian,” tutur Alfian.

PT. Givi Indonesia, sebagai produsen dan distributor box motor terbesar di Indonesia menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan berbagai macam produk-produk box motor untuk kegiatan sehari-hari sesuai dengan kebutuhan para pengendara sepeda motor, mulai dari ukuran box 32 liter sampai dengan 58 liter. 

“Beralamat kantor di Cikupa Industrial Complex (CIC) di daerah Cikupa Kabupaten Tangerang, PT Givi Indonesia sudah berlevel manufaktur menengah untuk produk box motor dan produk pendukungnya seperti braket dan apparel, sehingga kualitas produk PT Givi Indonesia bisa disetarakan dengan produk-produk GIVI yang diproduksi di Brescia- Italia,” tandasnya.

PT. Givi Indonesia sudah berdiri sejak 2016, ditunjuk secara resmi dari GIVI S.P. A Pusat di Italia sehingga dapat mampu menghadirkan produk-produk yang bekelas, dan juga dapat mengikuti selera pasar masyarakat Indonesia.