PT Sang Hyang Seri dan Bulog Kolaborasi Tingkatkan Produktivitas Pertanian dan Serapan Gabah Petani

MUS • Wednesday, 10 Jul 2024 - 17:59 WIB

Jakarta - Pemerintah terus mendorong kerja sama strategis antar pelaku industri pertanian dalam rangka membangun ekosistem pertanian nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satu kerja sama pertanian yang saat ini tengah diperkuat adalah sinergitas BUMN Pangan, diantaranya antara PT Sang Hyang Seri sebagai anggota Holding BUMN Pangan ID FOOD dan Perum Bulog.

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Adhi Cahyono Nugroho mengatakan, kerja sama strategis antar kedua perusahaan tersebut telah disepakati dan ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU).

Pihaknya meyakini, kerja sama antar dua perusahaan yang bergerak di sektor pertanian hulu-hilir tersebut akan mampu membantu pemerintah dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

"Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam upaya kami untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang erat BUMN Pangan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesejahteraan petani dan masyarakat luas," ujar Adhi, Rabu, (10/7/2024), di Jakarta.

Ruang lingkup kerja sama meliputi 4 (empat) fokus, yang pertama terkait peningkatan produktivitas hasil panen. “Melalui kegiatan budidaya yang lebih intensif dan berbasis teknologi, PT Sang Hyang Seri dan Bulog berkomitmen untuk meningkatkan hasil panen para petani. Inisiatif ini guna memberikan dampak positif terhadap ketahanan pangan nasional,” jelasnya. 

Kedua, penyediaan sarana produksi bagi petani. Dalam kegiatan ini PT Sang Hyang Seri akan menyediakan berbagai sarana produksi seperti benih unggul, pupuk, dan pestisida yang berkualitas untuk mendukung kegiatan budidaya para petani. 

“Langkah ini diambil untuk memastikan para petani memiliki akses ke sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian mereka,” tutur Adhi.

Kemudian yang ketiga, tambahnya, akan dilakukan pendampingan budidaya, di mana PT Sang Hyang Seri dan Bulog bekerja sama dalam memberikan pendampingan teknis kepada petani.

“Pendampingan ini mencakup pelatihan dan konsultasi mengenai teknik budidaya yang efektif dan efisien, guna mengoptimalkan produktivitas pertanian,” terangnya. 

Untuk ruang lingkup yang keempat, melingkupi pelaksanaan kegiatan offtake hasil panen.

“Kerja sama ini bertujuan mengamankan seluruh tahapan rantai pasok pertanian sehingga di hilir Bulog akan memastikan adanya penyerapan hasil panen petani dengan harga yang wajar dan kompetitif. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian pasar bagi petani dan mendorong peningkatan produksi pertanian,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurti mengatakan, dengan menggandeng PT Sang Hyang Seri dapat memberikan banyak manfaat khususnya dalam peningkatan ketahanan pangan melalui serap gabah nasional.

"Kemitraan ini akan memberikan banyak manfaat bagi petani Indonesia. Dengan dukungan dari PT Sang Hyang Seri, kami optimis dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian, serta memastikan penyerapan hasil panen yang adil dan merata,” ujarnya.